Selasa 25 Oct 2022 01:55 WIB

5 Kisah dalam Alquran, Refleksi untuk Meningkatkan Kesabaran Diri

Setiap hari kesabaran kita diuji dengan berbagai cara.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi. 5 Kisah dalam Alquran, Refleksi untuk Meningkatkan Kesabaran Diri
Foto:

Maryam binti Imran

Yang paling suci dan saleh dari semua wanita, dia diberi berkah unik oleh Allah, dia melahirkan Nabi Isa saat masih perawan. Saat ini, obat-obatan dan fasilitas paling modern tidak menghentikan seorang wanita menjerit dan berteriak kesakitan saat melahirkan. Bayangkan pergi ke hutan belantara terpencil dan mengalami nyeri persalinan duduk di bawah pohon.

Teladan kesalehan, Maryam, dituduh berzina. Bukan hal yang mudah untuk bertahan bagi wanita seperti itu. Tetapi Tuhannya telah memerintahkannya untuk tidak mengatakan apa-apa, jadi dia hanya menunjuk putranya yang masih bayi. Dan kemudian, berkat kesabarannya, Nabi Isa menjawab orang-orang yang menuduhnya:

(Isa) berkata, “Sesungguhnya aku adalah hamba Allah. Dia telah memberi saya Kitab Suci dan menjadikan saya seorang nabi. (HR. Maryam:30)

Nabi Musa

Dia adalah penyelamat Bani Israel, pria pemberani, pembunuh ribuan bayi, Firaun. Dia menyelamatkan Bani Israel dari tangannya dan membawa mereka ke tempat yang aman. Namun mereka tidak mematuhinya dan sangat ofensif beberapa kali.

Meskipun mendapatkan makanan Ilahi dalam menu harian mereka, mereka meminta bawang putih, bawang bombay, dan lentil. Dia meninggalkan mereka hanya untuk beberapa hari, dan mereka mulai menyembah anak sapi.

Mereka bahkan menuntut agar mereka ingin melihat Allah dengan mata kepala sendiri sebelum mereka mematuhi perintah-Nya. Bayangkan harus berurusan dengan seluruh bangsa seperti itu setiap hari. Berapa banyak yang harus ditanggung seorang nabi sebelum dia mengucapkan kata-kata berikut:

“Wahai umatku, mengapa kamu mencelakaiku padahal kamu tentu tahu bahwa aku adalah utusan Allah kepadamu?” (QS. As-Saff:5)

Namun dia menanggung semua itu sampai hari kematiannya, dan termasuk di antara lima ulul azm min ar Rusul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement