Senin 24 Oct 2022 16:43 WIB

Gelas Islam Abad Pertengahan Ungkap Sejarah Kontak Skotlandia dengan Muslim

Fragmen kaca bertuliskan bagian dari kata Arab untuk 'Abadi'.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Kastil Caerlaverock di Skotlandia. Tiga pecahan kaca dari gelas minum Islam abad pertengahan ditemukan oleh para arkeolog di Caerlaverock Castle, 11 kilometer selatan Dumfries di pantai selatan Skotlandia. Tak disangka, penemuan tersebut mengungkapkan sejarah yang belum pernah diceritakan. Gelas Islam Abad Pertengahan Ungkap Sejarah Kontak Skotlandia dengan Muslim
Foto:

Eternal Connections menggunakan analisis ilmiah mutakhir dan data penelitian untuk menempa cara baru untuk memahami hubungan kontemporer dan historis antara Skotlandia. Seniman visual yang berbasis di Stirlingshire, Alice Martin, meneliti kaca Islam abad pertengahan kontemporer dan berkolaborasi dengan tim ahli HES yang menggunakan teknik mutakhir untuk menganalisis fragmen.

Hasilnya, Martin mampu merekonstruksi secara digital model 3D dari bentuk asli gelas menggunakan pecahan kaca dan memiliki bentuk vas. Gelas itu dilengkapi garis biru dan emas di bawah tepi dengan tulisan Arab di atasnya dan dihiasi dengan ikan emas.

“Dari bukti ilmiah, penelitian, dan sejarah yang diketahui, kami benar-benar mempertimbangkan bagaimana gelas minum Islam berakhir di Skotlandia. Kami menduga itu mungkin datang ke Kastil Caerlaverock melalui perdagangan atau bahkan bisa dibawa kembali oleh tentara salib yang kembali,” kata Martin.

Proyek ini bekerja dengan kelompok masyarakat, termasuk Pramuka Muslim di Edinburgh dan AMINA, Pusat Sumber Daya Wanita Muslim yang berbasis di Glasgow untuk menyediakan serangkaian lokakarya informatif yang berpusat pada kisah kaca Islam.

Lokakarya berfokus pada bentuk gelas, desain dekoratif, dan kaligrafi menggunakan aksara Arab dan Gaelik ke dalam cetakan 3D. Elemen lain berfokus pada arkeologi dan menunjukkan teknologi yang digunakan untuk menganalisis pecahan kaca.

 

Pengalaman daring telah dibuat menggunakan platform ThingLink untuk berbagi hasil proyek yang dapat dieksplorasi. Pengunjung dapat menjelajahi model 3D Sketchfab dari rekreasi artistik dan mengunduh model ke cetakan 3D untuk melukis versi mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement