Kamis 13 Oct 2022 09:46 WIB

Bila Muslimah Bertanya Apa yang Mereka Peroleh di Surga Kelak

Surga tidak terbatas pada laki-laki maupun perempuan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Bila Muslimah Bertanya Apa yang Mereka Peroleh di Surga Kelak. Foto:  Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Bila Muslimah Bertanya Apa yang Mereka Peroleh di Surga Kelak. Foto: Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagian orang mungkin masih banyak bertanya-tanya terkait apa yang wanita shalehah peroleh saat di surga kelak. Pendakwah asal Arab Saudi, Syekh Suleiman bin Saleh al-Kharashi memberi penjelasan terhadap hal tersebut.

Dia memaparkan, sejatinya setiap manusia, termasuk wanita, gemar memikirkan nasib dan masa depannya. Sehingga pertanyaan seputar apa yang akan mereka peroleh di surga juga menjadi salah satu hal yang ingin mereka temukan jawabannya.

Baca Juga

"Rasulullah SAW tidak menyangkal pertanyaan seperti itu yang datang dari para sahabatnya, yakni tentang surga dan apa saja isinya," tutur Syekh al-Kharashi.

Atas pertanyaan tersebut, Rasulullah SAW telah menyampaikan, bahwa surga itu bangunannya tersusun dari batako yang terbuat dari emas dan perak, adukan semennya adalah campuran misik alazfar, permata yakut. Pasirnya adalah za’faran. Siapa yang memasukinya akan menikmatinya dan tidak akan pernah binasa.

"...dia akan kekal hidup tidak pernah mati, pakaian mereka tidak akan lusuh dan usia muda mereka di sana tidak akan pernah menua." Demikian sabda Nabi SAW, dalam hadits riwayat Ahmad dan Tirmidzi. 

Selanjutnya, surga membuat jiwa manusia merindukannya dan membuat mereka bahagia saat diperbincangkan mengenai surga dan apa saja kenikmatan yang ada di dalamnya. Dan ini, tidak semata-mata hanya kepada pria yang saleh tetapi juga wanita yang shalehah.

Syekh al-Kharashi juga menjelaskan, sejatinya surga tidak terbatas pada laki-laki maupun perempuan. Sebab, surga diperuntukkan bagi orang-orang yang senantiasa mengerjakan amal shaleh.

Allah SWT berfirman, "Dan barangsiapa mengerjakan amal kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dizalimi sedikit pun." (QS An-Nisa ayat 124)

Surga hanya untuk orang-orang bertakwa. Tidak memandang pria atau wanita. "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." QS Ali Imran ayat 133)

Syekh al-Kharashi juga mengingatkan, cukuplah bagi seorang Muslimah untuk mengetahui bahwa begitu dia masuk surga, semua kesengsaraan lenyap dan hanya satu hal, yakni kebahagiaan yang kekal dan abadi. Sebagaimana Surah Al-Hijr ayat 48: "Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka tidak akan dikeluarkan darinya."

Syekh al-Kharashi menambahkan, ketika ada sumber-sumber referensi yang menyebutkan segala kenikmatan di surga, seperti pemandangan yang indah, tempat tinggal, pakaian, makanan, maka ketahuilah itu diperuntukkan bagi pria maupun perempuan yang bertakwa.

Sumber

https://fiqh.islamonline.net/%D9%85%D8%A7%D8%B0%D8%A7-%D8%A3%D8%B9%D8%AF-%D8%A7%D9%84%D9%84%D9%87-%D9%84%D9%84%D9%85%D8%A4%D9%85%D9%86%D8%A7%D8%AA-%D9%81%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%86%D8%A9%D8%9F/

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement