Rabu 05 Oct 2022 01:51 WIB

Apa Hukum Memandang ke Atas Saat Sholat?

Dalam beribadah, pikiran dan jiwa kita harus fokus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Apa Hukum Memandang ke Atas Saat Sholat?
Foto:

Cara menghilangkan pikiran buruk

Dilansir About Islam, adapun pikiran buruk yang menyerang pikiran Anda, Anda cukup menghilangkannya dengan mencari perlindungan kepada Allah segera setelah itu terjadi dan tidak pernah berhenti untuk memikirkannya. Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada yang lebih dibenci setan selain melihat orang yang sedang sholat.

Anda dapat melawan pikiran buruk dengan mencari perlindungan Allah. Setiap kali pikiran buruk datang, ucapkanlah:

A 'udhu billaahi mina asy-shaytaani ar-rajim

“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Setan menggunakan segala macam tipu muslihat untuk membuat Anda berhenti beribadah. Menanamkan dalam pikiran Anda rasa takut yang berlebihan terhadap hukuman Allah adalah salah satu dari tipu muslihat tersebut.

Anda harus melawannya dengan selalu mengingat akan rahmat-Nya yang tak terbatas. Dalam surat Az-Zumar ayat 53, Allah berfirman:

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas (dengan menzalimi) dirinya sendiri, janganlah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya.663) Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement