Selasa 04 Oct 2022 08:15 WIB

5 Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Hamba-Hamba-Nya 

Allah SWT mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan cara terindah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Allah SWT mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan cara terindah
Foto:

Misalnya seorang hamba berdoa kepada Allah SWT agar dapat menempuh pendidikan di luar negeri. Namun demikian Allah SWT menghendaki kebaikan yang lebih bagi hamba tersebut menempuh pendidikan di dalam negeri, sehingga Allah SWT mengabulkan dengan mempermudah peluang-peluang menempuh pendidikan di dalam negeri.  

Karena itu Allah SWT mengabulkan doa hamba itu dengan menggantinya. Atau dalam hal lain seperti seorang hamba berdoa agar segera dipertemukan dengan jodohnya dari luar daerah asalnya. 

Namun demikian Allah SWT menghendaki yang lebih baik bagi hamba tersebut adalah memperoleh jodoh yang berada di daerah sekitar tempat tinggalnya.  

Sebab boleh jadi seorang hamba tidak menyukai sesuatu namun dalam pandangan Allah SWT hal tersebut amat baik baginya atau boleh jadi seseorang menyukai sesuatu, namun dalam pandangan Allah SWT hal tersebut amat buruk baginya. Sebab hanya Allah SWT Dzat Yang Mahamengetahui.  

Keempat, Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya dengan cara menghindarkannya dari bahaya. Kiai Anang mengatakan ketika seorang hamba berdoa namun hajatnya belum juga terkabul sesuai dengan keinginannya, boleh jadi doa hamba tersebut sejatinya dikabulkan Allah SWT dalam bentuk pencegah dari bahaya.  

"Bisa jadi doa-doa kita selama ini kepada Allah SWT dikabulkan dengan cara ditukar dengan selamatnya kita dari bahaya. Kita tidak tahu bisa jadi ada bahaya yang sebetulnya akan mampir ke kita. Akan ada bala yang mestinya kena kita. Tapi karena doa, kemudian Allah doa doanya ini dikompensasi, ditukar dengan kamu selamat. Bisa jadi kita sampai hari ini diberi keselamatan oleh Allah terhindar dari bala, terhindar dari bahaya, mungkin saja diantaranya karena doa doa kita," kata kiai Anang dalam sebuah kajiannya tentang doa di Pondok Pesantren Modern Tazakka yang juga disiarkan melalui kanal resmi Tazakka TV beberapa hari lalu. 

Kelima, Allah SWT belum mengabulkan doa seorang hamba di dunia sebab Allah akan mengabulkan doa-doa hamba tersebut di akhirat dalam bentuk catatan amal saleh. 

Serangan Tokek dari Mesir Paksa Israel Umumkan Keadaan Darurat

 

Kiai Anang mengatakan doa-doa yang dipanjatkan namun tidak dikabulkan langsung di dunia maka tetap dicatat sebagai amal saleh yang kelak akan memberatkan timbangan kebaikan seorang hamba di akhirat. Maka bisa jadi karena doa-doa yang dipanjatkan, seorang hamba selamat saat di hisab dan membuatnya masuk ke surga.  

Karena itu kata Kiai Anang tidak ada doa yang tidak dikabulkan  Allah SWT. Sebab Allah SWT sudah menjamin bagi orang yang beriman yang mau berdoa maka akan Allah SWT kabulkan doanya.  

 

"Maka dari itu jangan remehkan doa. Karena doa senjatanya orang beriman. Kita berperang dengan kehidupan dunia, berperang dengan tantangan dan rintangan hidup. Tapi juga banyak peluang peluang kemudahan. Karena itu terus berdoa," katanya.     

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement