Sabtu 24 Sep 2022 00:15 WIB

Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Muda

Nabi Muhammad memberi banyak orang muda pekerjaan dengan tanggung jawab besar.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi).  Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Muda
Foto:

Apa yang akan Nabi Lakukan?

Jika Nabi Muhammad bisa berbicara dengan pemuda hari ini, nasihat seperti apa yang akan dia berikan kepada mereka? Apa yang akan dia katakan kepada orang tua mereka?

Dilansir dari About Islam, pertama dan terutama, Nabi Muhammad memperlakukan kaum muda seolah-olah mereka memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada masyarakat. Muslim tentunya tahu bahwa pada masa awal Islam mayoritas pengikut Nabi Muhammad adalah kaum muda.

Diketahui juga, bahwa Nabi Muhammad memberi banyak orang muda pekerjaan yang menurut orang tua melibatkan lebih banyak tanggung jawab daripada yang mampu mereka tangani. Dia memberikan hak kepada orang muda yang biasanya hanya diberikan kepada pria dan wanita yang lebih tua, dan seringkali dia memberi mereka hak atas orang yang lebih tua.

Mereka tidak pernah disingkirkan atau dibuat merasa tidak berguna atau tidak diinginkan. Sebaliknya mereka diberi tanggung jawab penting yang vital untuk menyebarkan pesan Islam. Karena itu, kaum muda Muslim bukanlah anak muda biasa; mereka adalah pemimpin yang saleh.

Nabi Muhammad mampu melihat gambaran besarnya dan tujuannya adalah untuk menghasilkan banyak orang muda yang saleh, dermawan, dan saleh. Sayangnya, saat ini kita cenderung memandang anak muda sebagai orang yang merepotkan.

Banyak orang tua hanya ingin mereka berhasil dalam usaha duniawi dan ketika mereka menunjukkan kecenderungan kesalehan atau murah hati, orang tua justru meminta mereka untuk diam, mendapatkan nilai bagus, mencari pekerjaan bergaji tinggi dan menikah. Padahal Nabi Muhammad akan menyarankan kita untuk mengakui dan menggunakan keterampilan kaum muda untuk keuntungan terbaik.

Pada masa Nabi, Rasulullah selalu menasihati para pengikutnya untuk tidak pernah membunuh orang-orang muda penyembah berhala. Dan dia menaruh harapan besar bahwa orang-orang muda ini akan menerima Islam.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement