Selasa 20 Sep 2022 00:05 WIB

Mariam Al Astrulabi, Astronom Muslim Wanita Penemu Astrolab

Astrolab pada dasarnya adalah model astronomi alam semesta kuno seukuran tangan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Astrolab. Mariam Al Astrulabi, Astronom Muslim Wanita Penemu Astrolab
Foto:

Pengembangan astrolab setelah Mariam Al Astrulabi

Ibn Al Nadim mencatat bahwa fitur penting dari astrolab muncul pada abad ke-11 di al-Andalus ketika para astronom Muslim merancang lempeng universal tunggal, yang mencakup tanda untuk sistem koordinat ekuatorial dan ekliptika. Modifikasi ini berarti bahwa astrolabe tidak lagi membutuhkan wadah/pelat untuk garis lintang yang berbeda dan menghilangkan kebutuhan untuk menghitung ulang nilai pada setiap penggunaan.

Teknologi ini belum dikenal di luar dunia Islam di Al-Andalus pada saat itu. Namun, para cendekiawan Muslim menyempurnakan teknologi ini di Suriah sekitar abad keempat belas.

Dilansir The New Arab, Kepala Astrofisika di National Research Institute of Astronomy & Geophysics di Mesir Profesor Somaya Saad menjelaskan dalam mempelajari tentang peran Islam dalam astrofisika. "Muslim menggunakan versi primitif dari astrolab dengan pelat. Alat itu adalah model planetarium dua dimensi yang menunjukkan seperti apa langit di tempat tertentu pada satu waktu tertentu," katanya.

Saad menambahkan: "Langit digambar di muka astrolab sehingga mudah untuk menemukan posisi langit di atasnya; itu digunakan dalam navigasi, untuk menentukan sudut elevasi benda langit terhadap cakrawala pengamat di mana saja, untuk menghitung waktu dan jarak dari khatulistiwa."

Fatoumata Kébé adalah seorang astrofisikawan Prancis yang berspesialisasi dalam memecahkan masalah puing-puing luar angkasa. Dia adalah pendiri dan direktur Ephemerides, sebuah program yang menyediakan akses ke astronomi bagi kaum muda yang kurang beruntung. Kébé menyatakan pergi ke luar angkasa adalah hak istimewa, dan wanita tidak sepenuhnya diterima di klub elite ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement