Jumat 16 Sep 2022 19:04 WIB

Disebut dalam Alquran, Adakah Manfaat Medis Pengobatan Menggunakan Madu?

Madu merupakan obat yang hebat atau bahkan yang terbaik, tetapi bukan obat mujarab.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Pembudi daya menunjukkan hasil panen madu lebah Jawa Apis Cerana di Mudal, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2022). Disebut dalam Alquran, Adakah Manfaat Medis Pengobatan Menggunakan Madu?
Foto:

Gunakan dengan ketergantungan penuh kepada Allah dan percaya kepada-Nya. Obatnya semua dari Allah dan semua ada di tangan-Nya. Pengobatan berasal dari Allah dan sepenuhnya di tangan-Nya. Madu hanyalah penyebab yang bekerja melalui kuasa Allah. Gunakan lebih dari biasanya untuk tujuan non-medis.

"Namun, jika Anda memakannya setiap hari dalam jumlah dua sendok makan tiga kali sehari, maka saya berharap dari apa yang saya dengar dari beberapa praktisi pengobatan alternatif itu akan membantu insya Allah," kata Hatem, dikutip dari About Islam.

Terakhir, jangan remehkan kekuatan mengingat Allah dan doa. Nabi SAW menyarankan kita untuk mengandalkan doa.

Dia berkata: “Allah akan menggantikan kesedihan dan kecemasan seorang hamba dengan kebahagiaan jika dia berkata: 'Ya Allah! Aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu, putra hamba-Mu, ubun-ubunku di tangan-Mu, perintah-Mu terhadapku tak terelakkan, dan semua ketetapan-Mu adil. Aku memohon kepada-Mu dengan setiap nama-Mu yang Engkau beri nama dengan-Mu, diturunkan dalam Kitab-Mu, atau diajarkan kepada makhluk-Mu yang mana pun, atau bersama-Mu dengan-Mu ilmu yang gaib, agar Engkau menjadikan Al-Qur'an sebagai kehidupan. hatiku dan cahaya dadaku, dan penyembuh kesusahanku dan kelegaan dari kegelisahanku.” (HR. Ahmad)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement