Rabu 14 Sep 2022 21:25 WIB

Tonjolan di Bawah Mata Belum Tentu Puffy Eyes, Ini Cara Gampang Memastikannya

Puffy eyes bisa dibedakan dengan mudah dari kondisi lainnya.

Mata (ilustrasi). Puffy eyes akan terlihat sebagai tonjolan di bagian bawah mata yang tidak memiliki batas tegas, kadang tampak kebiruan.
Foto: Wikimedia
Mata (ilustrasi). Puffy eyes akan terlihat sebagai tonjolan di bagian bawah mata yang tidak memiliki batas tegas, kadang tampak kebiruan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar dermatologi Dr Arini Astasari Widodo, SpKK mengatakan, melirik mata ke atas merupakan salah satu cara untuk memastikan apakah tonjolan di bawah mata seseorang itu puffy eyes atau bukan. Puffy eyes merupakan kondisi pembengkakan di sekitar mata yang disebabkan oleh alergi, infeksi, serta kebanyakan mengonsumsi alkohol atau garam.

"Coba melirik ke atas, kalau dia semakin jendol itu lemak, tetapi kalau sama saja (tonjolan di bawah mata) kemungkinan cairan atau puffy eyes," jelas dr Arini dalam sebuah acara kesehatan di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga

Dr Arini menyebutkan sejumlah ciri kondisi puffy eyes, yakni tonjolan tidak memiliki batas tegas, kadang tampak kebiruan, kondisi semakin buruk saat pagi hari sehingga terlihat seperti sipit atau sembab. Wanita yang berada dalam periode haid, alergi, dan terlalu banyak konsumsi makanan bercita rasa asin dapat mengalami kondisi ini.

Menurut dr Arini, untuk mengatasi puffy eyes, seseorang dapat melakukan kompres dingin pada mata. Cara ini dapat membantu pembuluh darah tak melebar.

"Cairan akan lebih sedikit di sekitar mata, jadi tidak terlalu puffy," kata Arini yang juga menyarankan pemilik puffy eyes membatasi asupan garam dan lakukan perawatan area mata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement