Rabu 14 Sep 2022 10:21 WIB

Presiden Kazakhstan dan Imam Besar Al Azhar Tinjau Kerja Sama Promosi Islam

Kerja sama Islam ditinjau Presiden Kazakhstan dan Imam Besar Al Azhar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Kazakhstan dan Imam Besar Al Azhar Tinjau Kerja Sama Promosi Islam. Foto:  Masjid kota baru di Nur-Sultan (sebelumnya dikenal sebagai Astana), Kazakhstan, 13 September 2022. Paus Fransiskus akan mengunjungi Ibu Kota Kazakhstan dari 13 hingga 15 September. Paus direncanakan bertemu dengan Presiden Tokayev dan mengadakan pertemuan dengan peserta Kongres VII Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional.
Foto: EPA-EFE/IGOR KOVALENKO
Presiden Kazakhstan dan Imam Besar Al Azhar Tinjau Kerja Sama Promosi Islam. Foto: Masjid kota baru di Nur-Sultan (sebelumnya dikenal sebagai Astana), Kazakhstan, 13 September 2022. Paus Fransiskus akan mengunjungi Ibu Kota Kazakhstan dari 13 hingga 15 September. Paus direncanakan bertemu dengan Presiden Tokayev dan mengadakan pertemuan dengan peserta Kongres VII Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, NUR-SULTAN -- Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev bertemu dengan Yang Mulia Dr. Ahmed Al-Tayeb, Imam Besar Al-Azhar dan Ketua Dewan Sesepuh Muslim, di Istana Kepresidenan. Pertemuan dilakukan untuk meninjau prospek promosi kerja sama.

Dalam pertemuan tersebut, Tokayev membahas pentingnya pendidikan agama. Ia juga mengatakan jika Kazakhstan menganggap Universitas Al Azhar sebagai suar, yang menyebarkan cahaya nilai-nilai agama Islam.

Baca Juga

"Sangat penting para ilmuwan universitas yang mempromosikan konsep toleransi dan ketabahan hati, kesabaran dan kebaikan, berpartisipasi dalam diskusi dunia dan para pemimpin agama tradisional," ujar dia dikutip di Emirates News Agency, Rabu (14/9/2022).

Tak hanya itu, ia lantas memuji kondisi mahasiswa Kazakh di Universitas Al-Azhar, yang dianggap sebagai jantung pendidikan Islam karena perannya dalam memerangi ekstremisme agama.

 

Sementara itu, Imam Besar menyatakan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7. Ia juga menghargai upaya yang dilakukan oleh Kazakhstan, melalui KTT agama global ini, untuk mengkonsolidasikan budaya koeksistensi dan dialog.

Dia menambahkan, kegiatan Kongres ini telah menjadi platform global yang mewakili suara moderat agama, saat menangani krisis global dan tantangan kontemporer. Ia juga menekankan kesiapan Dewan Tetua Muslim untuk mendukung Kazakhstan melalui upaya Dewan dalam mempromosikan perdamaian dan persaudaraan, sekaligus mendukung peran pemuda dalam membangun jembatan dan rasa hormat antar agama.  

Sumber:

https://www.wam.ae/en/details/1395303083106

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement