Ahad 11 Sep 2022 01:47 WIB

Menikmati Hidangan Kacang Era Ottoman di Lingkungan Masjid Sulaiman

Kacang adalah hidangan Turki yang populer dan salah satu makanan tertua.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Hidangan kacang yang disebut kuru fasulye khas Ottoman di Turki. Menikmati Hidangan Kacang Era Ottoman di Lingkungan Masjid Sulaiman
Foto: Daily Sabah
Hidangan kacang yang disebut kuru fasulye khas Ottoman di Turki. Menikmati Hidangan Kacang Era Ottoman di Lingkungan Masjid Sulaiman

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Di puncak tertinggi di Istanbul, Masjid Sulaiman berdiri dengan empat menara uniknya yang menghadap ke Bosporus dan Golden Horn yang keduanya berada di tengah bagian kota yang lama dan di sebelahnya adalah Universitas Istanbul lama dan bangunan arkeologinya.

Selain memiliki kubah terbesar di Istanbul, kompleks Masjid Sulaiman juga mencakup khususnya sentuhan kehidupan Turki dan salah satu sentuhan terpenting ini adalah kacang kering atau orang Turki menyebutnya, kuru fasulye.

Baca Juga

Seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (8/9/2022) kacang adalah hidangan Turki yang populer dan salah satu makanan tertua dan paling lezat, dan pengunjung dapat mencicipinya dengan cita rasa asli Turki hanya di puncak Istanbul yang tinggi itu. Di kedua sisi masjid, tersebar restoran keluarga kecil tua, beberapa di antaranya berusia 100 tahun atau lebih. Resto ini diwarisi oleh putra koki yang memiliki sejarah memasak kacang kering atau kuru fasulye.

Hidangan kacang dengan cita rasa yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota, baik pengunjung maupun wisatawan. Makanan, yang disiapkan setiap hari dengan sangat hati-hati, disajikan dengan sepiring nasi, karena pengunjung lebih memilih meja di pinggir jalan untuk bersantap setelah menjelajahi distrik tua Istanbul.

Penduduk setempat menganggap bahwa tempat bersejarah itu menyatukan mereka di restoran-restoran ini untuk makan kacang, dan beberapa dari mereka lebih menyukainya, terutama setelah sholat Jumat, sementara para mahasiswa Universitas Istanbul juga sering menjadi pelanggan.

Hidangan kacang di daerah ini terkenal karena diturunkan dari generasi ke generasi, dan selama hampir 60 tahun, telah disajikan di daerah ini. Ini disiapkan dengan spesifikasi dan metode murni yang mempertahankan aroma, orisinalitas, dan rasanya yang khas.

Pot tembaga dipilih untuk persiapan kacang. Panci-panci ini dicirikan sebagai makanan asli tempat makanan Utsmaniyah disiapkan sebelumnya, dan panas didistribusikan di dalamnya secara seimbang berkat logamnya.

 Kacang juga dipilih dengan hati-hati dan memiliki parameter penting untuk pengukurannya, yang harus 11 milimeter, menurut para ahli tentang masalah tersebut. Itu dibawa dari tanah air kacang di Türkiye, negara bagian utara Erzincan.

 Setelah memilih saus, rempah-rempah dan sayuran khusus dengan sangat hati-hati, kacang disiapkan dengan penuh perhatian dan dibiarkan beristirahat dan didihkan di atas bara dengan tenang dan kemudian disajikan kepada pelanggan yang datang. Selama beberapa dekade, restoran-restoran di sebelah Masjid Sulaiman ini telah menyaksikan banyaknya turis yang menyukai makanan tradisional, terutama setelah menyelesaikan tur masjid yang mempesona, yang dibangun oleh arsitek Ottoman abad ke-16 yang terkenal, Mimar Sinan.

Sulaiman mendapatkan namanya dari Sultan Ottoman abad ke-16 Sulaiman I. Ia memerintahkan pembangunan masjid, dan makamnya terletak di sana, sehingga daerah tersebut menyandang namanya. Sultan Sulaiman menugaskan Mimar Sinan, insinyur paling terkenal di era Ottoman, untuk mengawasi pembangunan dan peresmian masjid.

Perpustakaan Naskah Terkenal Sulaiman yang terletak di daerah tersebut, adalah salah satu perpustakaan warisan kuno terbesar di dunia dan berisi lebih dari 70.000 manuskrip yang ditulis dalam bahasa Arab, Turki, dan Persia. Daerah ini terletak di salah satu bukit strategis Istanbul yang menghadap ke Teluk Bosporus, lokasi yang dapat dipantau dari dalam kota tua, di distrik Fatih, dan menghadap pemandangan kota yang indah di mana landmark kuno kota mempesona mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement