Selasa 06 Sep 2022 12:03 WIB

Jangan Tamak dalam Mencari Rezeki

Allah telah menjamin rezeki untuk semua makhluknya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Jangan Tamak dalam Mencari Rezeki. Foto: Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Jangan Tamak dalam Mencari Rezeki. Foto: Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Maha Suci Allah SWT yang telah menjamin rezeki kepada semua makhluk-Nya. Cacing di dalam tanah, ikan di dalam air, burung di udara, semut dalam lubang yang gelap dan ular di antara bebatuan besar dan yang persembunyiannya telah dijamin rezekinya.

Dr Aidh bin Abdullah Al-Qarni dalam bukunya "Laa Tahzan Jangan Bersedih" menceritakan Maryam yang tidak bekerja tapi rezekinya (makanan) datang dengan sendirinya.  Hal itu sesuai firman Allah SWT dalam surah Al-Ankabut ayat ke-60 yang artinya.

Baca Juga

"Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

Ibnul Juzy telah menceritakan suatu kisah yang mengandung faedah lembut, yaitu seekor ular buta yang tinggal di puncak pohon kurma dan seekor burung pipit yang biasa datang kepadanya dengan membawa secuil daging untuk diletakkan di mulut ular itu. Apabila telah berada di dekatnya, burung pipit mengepak-ngepakan sayapnya, seraya mengeluarkan suara kicauan, maka ular pun mengangkat mulutnya dan burung pipit meletakkan daging itu ke mulutnya.

 

Maha suci Allah yang telah menundukkan burung pipit untuk memberi makan ular tersebut. Hal ini sesuai dengan surah Al-An'am ayat 36 yang artinya.

"Dan tiada burung-burung yang terbang dengan dua sayapnya, melainkan mereka sebagai makhluk seperti halnya kalian."

Seperti dikisahkan dalam surah Ali-Imran ayat 37, Maryam ibunda Nabi Isa AS, rezekinya selalu datang kepadanya di mibrabnya setiap pagi dan petangnya. Ketika ditanya kepadanya.

"Hai Maryam, dari manakah kamu dapat makanan ini? Maryam menjawab dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendakinya tanpa batas."

"Jangan bersedih, karena rezeki anda sudah ada yang menjamin sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah yang berkitab kepada orang miskin," katanya.

Allah SWT dalam surah An-An'am ayat 151 berfirman yang artinya.

"Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena kamu miskin titik kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan juga kepada kamu."

Maka dari itu, hendaknya manusia mengetahui bahwa yang memberi rezeki orang tua dan anaknya adalah Allah yang tidak beranak dan tidak pula diperanakan. Pada surah Al-Isra ayat 31 yang ditujukan kepada orang-orang kaya disebutkan melalui FirmanNya.

"Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut jatuh miskin. Kamilah yang memberi mereka rezeki dan juga kamu."

Sesungguhnya Allah yang memiliki perbendaharaan yang besar telah menjamin rezeki semuanya, maka, nengapa harus cemas padahal yang menjamin hal tersebut adalah Allah. Hal ini sesuai dengan firma Allah dalam surah Al-Ankabut ayat 17 yang artinya.

"Mintalah rezeki kepada Allah beribadah kamu kepada-Nya dan bersyukurlah kamu kepada-Nya."

Dalam surah As-Shur'ara ayat 27 yang artiny.

"Dialah yang memberi makan dan minum kepadaku. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement