Selasa 30 Aug 2022 13:22 WIB

Bersin Saat Sholat, Bolehkah Ucap Alhamdulillah?

Adab bersin yang diketahui adalah mengucapkan Alhamdulillah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Sujud saat sholat (ilustrasi). Bersin Saat Sholat, Bolehkah Ucap Alhamdulillah?
Foto: Republika
Sujud saat sholat (ilustrasi). Bersin Saat Sholat, Bolehkah Ucap Alhamdulillah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat sholat, ada beberapa hal yang tidak bisa kendalikan. Misal, ketika kita ingin bersin. Adab bersin yang diketahui adalah mengucapkan Alhamdulillah.

Namun, bagaimana jika itu terjadi saat sholat? Bolehkah mengucapkan Alhamdulillah?

Baca Juga

Menurut pandangan Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad, jika seseorang bersin saat sholat entah sholat wajib atau sunnah, dia diperbolehkan mengucapkan Alhamdulillah.

Namun, mereka berbeda pendapat tentang bagaimana pengucapan Alhamdulillah, apakah secara diam-diam atau dengan suara. Menurut pandangan Imam Ahmad, orang tersebut harus mengatakannya dengan suara, tetapi hanya terdengar dia sendiri agar tidak mengganggu jamaah lain.

Mengucapkan Alhamdulillah setelah bersin saat sholat

Perintah untuk mengucapkan Alhamdulillah tercantum dalam salah satu hadits riwayat Bukhari. Rasulullah bersabda, “Apabila seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan Yarhamukallah dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan Yahdikumullah wa yuslihubaalakum.”

Selain Bukhari, ada juga riwayat Nabi lain yang menceritakan tentang pengucapan Alhamdulillah setelah bersin saat sholat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement