Senin 29 Aug 2022 21:45 WIB

Rahasia Makhluk yang Paling Dicinta

Mengapa Rasul dicintai penduduk langit dan bumi?

Rasulullah
Foto:

Praktik keagamaan Syekh Shohibul Wafa Tajul Arifin atau Abah Anom yang integral di berbagai aspek kehidupan, ternyata berawal dari pemahaman tentang makna zuhud. Jika sebagian kaum sufi berpendapat zuhud adalah meninggalkan dunia, yang berdampak pada kemunduran umat Islam, menurut pendapat Pangersa Abah Anom, “Zuhud adalah qasr al-amal, artinya pendek angan-angan, tidak banyak mengkhayal dan bersikap realistis. Jadi, zuhud bukan berarti makan ala kadarnya dan berpakaian compang-camping.”

Pendapatnya mengacu kepada surah an-Nur ayat 37. “Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah dan dari mendirikan shalat, (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati menjadi guncang.”

Rasulullah adalah patokan ideal sesuai ayat tersebut. Suami dari Khadijah tersebut seorang pedagang, tapi kesibukannya berdagang tak membuat lalai terhdap Allah. Memimpin masyarakat, tapi dalam memimpin tidak terlena dan lupa untuk mengingat-Nya.

Jadi, menurut Pangersa Abah Anom bahwa seorang yang zuhud adalah orang yang mampu mengendalikan harta kekayaannya untuk menjadi pelayannya, sedangkan ia sendiri dapat berkhidmat kepada Allah. Atau, seperti pernyataan Syekh Abdul Qadir al-Jailani: “Dudukkanlah dirimu bersama kehidupan duniawi, sedangkan qalbumu bersama kehidupan akhirat, dan rasamu bersama Rabbmu.” 

Jika kita benar-benar mencintai Rasulullah melebih yang lain, buktikanlah. Salah satunya, mengikuti jalan kezuhudan seperti teladannya. Orang yang mencintai tentu ingin seperti yang dicintai. Akhir kalam, mari kita jadikan peringatan Maulid Nabi SAW sebagai momentum mengenang jalan kezuhudan Rasul dan mempraktikkannya agar kita juga dicintai oleh penduduk bumi dan juga ‘penduduk langit’.  ***

Oleh Rakhmad Zailani Kiki

Kepala Bidang Pengkajian dan Pendidikan JIC

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement