Jumat 19 Aug 2022 05:45 WIB

Cara Kuatkan Iman Bantu Capai Kesabaran ala Imam Ibnu Al-Qayyim

Salah satu hal yang bisa membantu mencapai kesabaran adalah menguatkan iman.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Cara Kuatkan Iman Bantu Capai Kesabaran ala Imam Ibnu Al-Qayyim
Foto:

6. Tidak kalah dari godaan setan

Ketika orang-orang mengendalikan keinginan mereka dan mengalahkan godaan setan, mereka menemukan kesenangan di dalam hati mereka. Kemenangan seperti itu lebih besar daripada kemenangan yang diperoleh atas musuh manusia.

7. Mengantisipasi pahala dari Allah

Allah telah berjanji untuk memberi pahala kepada hamba-hamba-Nya ketika mereka meninggalkan apa yang dilarang dan menahan godaan. Hadiahnya akan sangat murah hati sehingga membuat mereka benar-benar puas.

8. Mencari bantuan Allah

Alquran dalam lebih dari satu ayat berbicara tentang orang-orang beruntung yang akan menerima bantuan dan dukungan dari Tuhan mereka. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 153:

“Wahai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Pertolongan dan karunia Allah pasti lebih baik dan lebih kekal. Keberhasilan dan kebahagiaan abadi jauh lebih diinginkan daripada kegembiraan singkat dalam waktu singkat kehidupan seseorang.

9. Takut akan kematian yang tak terduga

Banyak orang yang takut akan kematian karena dapat datang kapan pun. Waktu kematian tiap seseorang tidak ada yang tahu kecuali Allah. Pada saat meninggal nanti, orang berdosa akan menyesali kelalaian dan ketidaktaatan mereka. Seseorang tidak sepenuhnya menghargai ini sampai hidupnya berakhir dan semuanya sudah terlambat untuk bertaubat.

10. Memahami akibat buruk dari dosa

Mengalami siksaan sering dikaitkan dengan dosa dan konsekuensinya, sementara kesejahteraan datang sebagai hadiah dan rahmat dari Allah ketika orang-orang menaati-Nya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement