Jumat 19 Aug 2022 05:11 WIB

Kiat Tingkatkan Kesabaran dari Imam Ibnu Al-Qayyim untuk Pelihara Hati dan Jiwa

Sabar adalah satu hal yang diperintahkan Allah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Kiat Tingkatkan Kesabaran dari Imam Ibnu Al-Qayyim untuk Pelihara Hati dan Jiwa

Ada lima langkah untuk menyembuhkan ketiadaan kesabaran dalam diri, seperti dikutip About Islam, Kamis (18/8/2022).

1.Sisi negatif dari keinginan dipelihara oleh hal yang merangsang dan menggerakkannya ke dalam tindakan. Jadi, untuk melemahkan efek dari proses ini, seseorang harus menghindari kemungkinan stimulus, seperti makanan yang berlebihan. Puasa membantu mengendalikan hawa nafsu, terlebih jika berbuka dengan makanan sederhana.

2.Keinginan sering dirangsang oleh tatapan mata. Oleh karena itu, seseorang harus menurunkan pandangannya sebanyak mungkin. Motivasi keinginan seseorang dapat digerakkan oleh tatapan. Tatapan seperti itu adalah panah beracun dari setan.

3.Kesenangan harus dicari dari hal yang dibolehkan. Naluri alami manusia dapat dipuaskan dengan apa yang telah Allah izinkan. Seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad, sabar adalah pengobatan yang efektif yang diresepkan untuk banyak orang.

4.Mempertimbangkan setiap perbuatan yang dilakukan di dunia. Jangan sampai kita merugi karena melakukan banyak hal yang dilarang Allah.

5.Kita harus memikirkan aspek buruk dari kecenderungan jahat dan keinginan jiwa. Manusia yang memiliki rasa kehormatan sekecil apa pun secara alami tidak suka terlibat dalam urusan jahat apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement