Kamis 18 Aug 2022 14:42 WIB

Alasan Mengapa Islam Melarang Riba

Alquran memperingatkan orang yang masuk ke dalam riba hidupnya tidak berkah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Mengapa Islam Melarang Riba
Foto:

Masalah Fisik

Komplikasi lebih lanjut mungkin termasuk masalah fisik dan penyakit. Ketika Alquran menggambarkan orang seperti itu dengan mengatakan bahwa dia:

“...tidak dapat bangkit kecuali ketika orang yang telah disujud oleh setan dengan sentuhannya bangkit” (Al-Baqarah 2:275)

Artinya orang tersebut tidak mengetahui tujuannya, ia hanya membabi buta mengikuti setan yang akan membawanya ke berbagai jalan dan, dengan kehilangan fokus dalam hidup, ia akan menjadi tidak seimbang secara psikologis.

Pengaruh Riba pada Masyarakat

Masyarakat yang berhasil adalah masyarakat yang seimbang, yang selain membangun kemajuan ekonomi dan material, juga harus menyediakan lingkungan pengembangan spiritual dan moral.

Dalam masyarakat di mana orang didominasi oleh keserakahan akan uang dan memanipulasi kebutuhan dan keinginan orang lain dan membebankan bunga kepada mereka dan menempatkan mereka dalam perbudakan riba, air mata anak yatim dan tangisan orang yang membutuhkan tidak akan berarti apa-apa. Bagi seorang pedagang riba, kebutuhan dasar orang-orang ini dan penderitaan mereka adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan keuntungan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement