Ahad 14 Aug 2022 04:35 WIB

Sifat Kepemimpinan Umar bin Khattab

Umar dipandang sebagai lambang keadilan karena sikap zuhudnya.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Sifat Kepemimpinan Umar bin Khattab
Foto:

Kebijakannya terhadap pejabat dan rakyatnya

Sikap demikian bukan hanya dengan para korhandannya yang dalam medan perang saja, tetapi juga dalam masalah-masalah agama. Ia tidak mencampuri apa yang sudah diserahkan kepada para wakilnya, kecuali jika ada yang perlu diluruskan atau diperbaiki.

Pikiran pokoknya ialah segalanya dalam setiap pekerjaan. Kebebasan seorang wakil yang diberi kepercayaan mengurus sampai ke soal yang sekecil-kecilnya akan menambah kegiatannya dan ia akan makin berani memikul segala tanggung jawab. Ini berarti keinginannya mencapai prestasi karena kepercayaan yang diberikan atasannya itu akan pula bertambah.

Tentu Umar merupakan teladan yang luar biasa dalam sejarah, tentu dia sudah lebih dekat ke tingkat para nabi dan rasul daripada kepada tingkat orang-orang besar. Dan orang ini sudah mencapai kedudukan tertinggi pada zamannya, orang yang berkuasa penuh dalam sebuah imperium besar dunia ketika itu.

Tetapi dia tidak mau hidup mewah, ia lebih suka memilih hidup sebagai orang miskin untuk ikut merasakan kehidupan mereka. Tetapi zuhudnya menjauhi kenikmatan dunia ini bukanlah zuhud orang yang menjauhi dan membenci dunia, melainkan zuhud orang yang mampu menguasai dan mengurus kepentingan duniawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement