Kamis 11 Aug 2022 01:23 WIB

Ada Empat Bulan Suci dalam Islam, Apa Saja?

Hal yang paling istimewa dilakukan di bulan suci adalah menghindari dosa.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ada Empat Bulan Suci dalam Islam, Apa Saja?
Foto:

• Haji dilakukan pada bulan Dzulhijjah, dan pahala haji yang diterima tidak kurang dari surga. Abu Hurairah (ra dengan dia) melaporkan: Rasulullah (ﷺ) berkata, “(Melakukan) 'Umrah adalah penghapus dosa yang dilakukan antara itu dan 'Umrah sebelumnya; dan pahala haji mabrur (haji yang diterima mengikuti jalan Nabi) tidak lain adalah Jannah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

• Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) – bagi orang yang tidak haji – menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya. Nabi SAW bersabda: “Puasa pada hari Arafah adalah penghapus dosa untuk tahun sebelumnya dan tahun berikutnya.” (HR. Muslim)

Juga dianjurkan untuk berpuasa di bulan Muharram, sebagaimana Nabi (damai dan berkah besertanya) mengatakan: “Dan puasa yang paling utama setelah (puasa) di bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah al-Muharram.” (HR. Sahih Muslim).

• Hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram juga memiliki pahala yang besar. Sebagaimana Nabi (SAW) ditanya tentang menjalankan As-Saum (puasa) pada tanggal 10 Muharram, dan dia menjawab, “Itu adalah penghapus dosa tahun sebelumnya.” [Muslim].

Banyak peluang untuk hadiah besar di bulan-bulan itu. Juga suci, berarti mereka meningkatkan rasa kehadiran dan kesadaran akan Allah untuk membantu seseorang menjadi lebih disiplin secara holistik dan sadar akan Tuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement