Sabtu 06 Aug 2022 12:00 WIB

Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?

Seringkali kita mungkin tidak dapat menjelaskan niat di balik perbuatan baik.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?
Foto:

Penanya ragu atau cemas tentang pengaruh orang lain yang memperhatikan. Ini adalah risiko nyata, tidak diragukan lagi. Akan tetapi pada saat yang sama, kita harus mengakui fakta bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan kita lemah dan tidak sempurna.

Akan ada slip dan penyimpangan di pihak kita. Tentu saja, kita harus selalu berhati-hati untuk menghindarinya.

Kendati demikian, kita tidak bisa berhenti melakukan perbuatan baik karena alasan itu. Misalnya, jika Anda melihat seorang pria yang akan sembarangan melangkah di depan mobil yang melaju cepat, tugas Anda adalah segera menyelamatkannya, terlepas orang-orang melihat atau tidak.

Tentu saja ini adalah tipuan setan untuk membuat orang terlalu berhati-hati tentang perbuatan baiknya sehingga mereka melepaskan kesempatan indah untuk melakukan perbuatan baik. Setelah setiap perbuatan baik, kita harus berdoa kepada Allah Yang Maha Penyayang untuk menerimanya dan mengampuni segala kesalahan kita.

Yang penting tetap beramal dan terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar menerima amal baik dan mengampuni kesalahan kita. Anda tidak perlu mencapai kemurnian 100 persen niat sebelum melakukan perbuatan baik. Selain itu, juga tidak mudah bagi manusia untuk mencapainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement