Sabtu 06 Aug 2022 12:00 WIB

Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?

Seringkali kita mungkin tidak dapat menjelaskan niat di balik perbuatan baik.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?
Foto:

Jika Muslim yang baik, niat di balik perbuatan kita kemungkinan besar baik, bahkan ketika hanya bertindak secara impulsif. Meskipun demikian, selalu disarankan sebelum memulai pekerjaan penting apa pun, kita perlu berhenti sejenak dan merenungkan tujuan di baliknya serta kemungkinan konsekuensi yang mengikutinya. Artinya, kita harus membiasakan untuk berpikir dan bertindak.

Dan sebagai Muslim, tugas kita adalah meningkatkan amal baik sehingga itu akan menempatkan kita dalam manfaat yang baik di akhirat. Perbuatan baik kita menghapus perbuatan buruk juga.

Ini adalah bagaimana kita dapat menghindari api neraka. Intinya adalah melakukan perbuatan baik melawan segala rintangan.

Sekarang pertanyaan, bolehkah menghentikan perbuatan baik karena takut dilihat orang? Di sini kita perlu mempertimbangkan tujuan dari perintah khusus mengenai tindakan yang diperbuat. Bahwa tidak cukup tindakan itu sendiri baik, tetapi pikiran pelaku sama pentingnya.

Pikiran pelaku yang mengendalikan tindakan harus bebas dari keegoisan atau keserakahan. Artinya, pikiran harus dijaga bebas dari ketidakmurnian tujuan jahat apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement