Sabtu 06 Aug 2022 05:25 WIB

Menelusuri Warisan Ottoman di Bosnia-Herzegovina

Sebuah jembatan batu menjadi pengingat jejak Ottoman di Bosnia-Herzegovina.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Jembatan batu yang dikenal sebagai Stara Cuprija atau Jembatan Batu Tua di Konjic, Bosnia-Herzegovina. Menelusuri Warisan Ottoman di Bosnia-Herzegovina
Foto:

Saat kita memasuki bulan Asyura sekarang, kemungkinan Asyura sudah mulai dimasak dan didistribusikan di Blagay. Pada saat yang sama, program khusus diadakan setiap tahun pada Jumat kedua bulan Mei dan pada malam tanggal 28 Mei untuk memperingati Sultan Ottoman Mehmed II.

Ada juga makam milik Sarı Saltuk dan eyh Açıkbaş di tekke kayu tiga lantai, yang terdiri dari ruang sholat, wisma, pemandian, dapur, halaman dalam dan ruang wudhu. Sementara para darwis melanjutkan hidup mereka di satu bagian pondok, mereka yang telah meninggal dimakamkan di bagian lain.

Tekke Blagaj adalah salah satu alasan terbaik untuk mengunjungi Bosnia-Herzegovina. Setelah mengunjungi tekke, Anda harus memperpanjang perjalanan setengah jam dan mampir ke desa Pocitelj, yang juga membawa jejak Kekaisaran Ottoman. Desa yang menampung bangunan bersejarah dari masa Kekaisaran Ottoman ini menyerupai pemukiman Anatolia. Itu juga ada dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Blagaj memiliki sebuah kastil yang dinamai berdasarkan desa, yang dibangun untuk tujuan pertahanan melawan Ottoman sebelum desa itu berada di bawah kekuasaan Ottoman. Ketika desa perbatasan diambil oleh Ottoman, kastilnya diperbesar, dan sebuah kota batu pertahanan dibangun di dekat kastil. 

Dari kastil, Anda dapat mengamati pemandangan Sungai Neretva yang menakjubkan dan desa yang terbuat dari struktur batu. Pocitelj mengalami kerusakan parah akibat perang yang melanda Bosnia antara 1992-1995 dan kemudian dibangun kembali. Desa menunggu mereka yang ingin menyaksikan jejak Kekaisaran Ottoman sekarang.

Faktanya, Bosnia-Herzegovina adalah negara suram yang masih membawa jejak masa lalu di pundaknya. Meskipun telah terkenal dengan Jembatan Mostar dan ibu kota Sarajevo, ada banyak tempat di mana Anda dapat mengikuti jejak masa lalu dan masih menunggu untuk ditemukan di negara ini. Bosnia-Herzegovina dijamin akan memukau pengunjung dengan struktur multikulturalnya, situs bersejarahnya, orang-orangnya yang ramah, dan alamnya yang rimbun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement