Rabu 03 Aug 2022 11:56 WIB

Apa Saja Keutamaan Bulan Muharram?

Puasa yang paling baik setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Muharram.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Apa Saja Keutamaan Bulan Muharram?
Foto:

Keutamaan menjalankan puasa sunnah di bulan Muharram

Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah (saw) berkata: "Puasa yang paling baik setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Muharram." (HR. Muslim)

Ungkapan “bulan Allah”, yang menghubungkan nama bulan dengan nama Allah dalam struktur gramatikal genitif, menandakan pentingnya bulan.

Al Qari berkata:

“Arti semu dari hadis di atas adalah puasa sepanjang bulan Muharram. Tetapi terbukti bahwa Nabi (saw) tidak pernah berpuasa sebulan penuh selain Ramadhan, jadi hadits ini mungkin dimaksudkan untuk mendorong seseorang meningkatkan puasa selama Muharram, tanpa berarti seseorang harus berpuasa selama sebulan penuh.”

Diriwayatkan bahwa Nabi (saw) lebih sering berpuasa di bulan Sya'ban karena dia mungkin belum mempelajari keutamaan Muharram sampai akhir hayatnya, sebelum dia bisa berpuasa selama bulan ini, atau karena keadaan tertentu mungkin terjadi selama bulan ini yang menghalangi dia dari puasa seperti sakit, bepergian, dll.” (HR. Sharh al-Nawawi `ala Shahih Muslim).”

Jadi, seorang Muslim sejati harus memanfaatkan kesempatan dari hari-hari yang penuh berkah ini dan mencoba yang terbaik untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin di dalamnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement