Jumat 29 Jul 2022 18:07 WIB

5 Pelajaran Abadi dari Hijrah Nabi Muhammad SAW

Kehidupan Nabi Muhammad berubah secara dramatis sejak ia menjadi utusan Allah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir. 5 Pelajaran Abadi dari Hijrah Nabi Muhammad SAW
Foto:

2. Mempercayai Allah di saat kesulitan membawa kemudahan

Abu Bakar dan Nabi SAW berada di dalam gua dan tidak memiliki jalan keluar. Orang-orang Quraisy berada di dekatnya dan mencari mereka. Saat mereka mendekat, Abu Bakar berbisik kepada Nabi tentang kegelisahannya.

Saat itulah Nabi menjawab, “Jangan bersedih, Allah bersama kita.”

Nabi tidak tahu persis apa yang akan terjadi atau bagaimana Allah akan menyelamatkan mereka. Tapi dia tahu bahwa karena mereka berada di jalan Allah, Dia akan cukup, dan Dia melakukannya. Dan bersamaan dengan itu Allah menurunkan ketenangan, yang hanya bisa datang dengan bertawakal kepada Allah dan membiarkan Dia melakukan apa yang Dia lakukan.

3. Patuhi perintah Allah meski tidak masuk akal

Kehidupan Rasul telah berubah secara dramatis sejak ia menjadi seorang Nabi. Dan terlepas dari semua ini, dia tetap menjadi Utusan Tuhan. 

Dia tidak pernah menyerah meskipun semua penganiayaan, dan bahkan harus diusir dari rumahnya. Namun, dia terus berjalan.

Ini mungkin terdengar cukup aneh bagi kita, mengapa dia terus berjalan dan ini adalah ajaran bahwa kita menaati perintah Allah karena Dia memerintahkannya, bukan karena masuk akal bagi kita. Dan kita mengikuti mereka, dan percaya bahwa Dia akan membuatnya bekerja sebagaimana Dia telah memerintahkan kita untuk melakukan hal yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement