Sabtu 30 Jul 2022 03:17 WIB

Tujuh Fakta Bahasa Arab yang Mungkin Anda Belum Tahu

Pada 18 Desember PBB akan menandai Hari Bahasa Arab Sedunia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Koin Cina bertuliskan bahasa Arab yang berasal dari Kesultanan Delhi. Tujuh Fakta Bahasa Arab yang Mungkin Anda Belum Tahu
Foto:

7. Kata bahasa Arab ditemukan dalam banyak bahasa

Alkohol, arsenal, aljabar, kopi, kain kasa, mascarade, dan safari hanyalah beberapa pilihan kata yang digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari yang berakar dari bahasa Arab. Safari misalnya berasal dari bahasa Arab untuk "perjalanan" atau safar, sedangkan Arsenal berasal dari bahasa Arab dar al-sina' atau "rumah produksi".

Beberapa bahasa berutang lebih banyak kosa kata mereka ke bahasa Arab daripada yang lain. Turki dan Persia sangat dipengaruhi oleh bahasa Arab karena kedekatan geografis dan penaklukan oleh penguasa Arab, serta pergerakan penutur bahasa Arab ke daerah di mana bahasa tersebut digunakan.

Penambahan tersebut tidak selalu disambut baik oleh kaum nasionalis di negara-negara tersebut dan berbagai upaya telah dilakukan untuk menghilangkan pengaruh Arab. Salah satu upaya paling intens dalam hal itu adalah oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, yang memulai proses Turkifikasi untuk mengganti kata-kata Arab dalam bahasa Turki dengan padanan bahasa Turki. Namun demikian, ribuan kata yang berasal dari bahasa Arab tetap ada dalam bahasa Turki modern.

photo
Anak-anak belajar bahasa Arab di Masjid Jami At Taqwa, Jakarta, Rabu (14/4). Bulan suci Ramadhan dimanfaatkan oleh anak-anak di sekitar Masjid Jami At Taqwa untuk belajar membaca Al-Quran dan memperdalam ilmu agama Islam sambil menunggu waktu untuk berbuka puasa. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement