Kamis 21 Jul 2022 20:15 WIB

Kremlin Bantah Rumor Kondisi Kesehatan Putin Menurun

Kremlin telah menepis rumor tentang menurunnya kondisi kesehatan Vladimir Putin

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Kremlin telah menepis rumor tentang menurunnya kondisi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin. Mereka menegaskan, Putin dalam keadaan fit dan baik-baik saja.
Foto: AP/Sergei Savostyanov/Pool Sputnik Kremlin
Kremlin telah menepis rumor tentang menurunnya kondisi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin. Mereka menegaskan, Putin dalam keadaan fit dan baik-baik saja.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Kremlin telah menepis rumor tentang menurunnya kondisi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin. Mereka menegaskan, Putin dalam keadaan fit dan baik-baik saja.

“Semuanya baik-baik saja dengan kesehatannya,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov saat ditanya awak media perihal kondisi kesehatan Putin dalam pengarahan pers reguler, Kamis (21/7/2022).

Dia menuding Amerika Serikat (AS) dan Inggris sebagai aktor yang menyebarkan rumor tentang kondisi kesehatan Putin. "Anda tahu bahwa spesialis informasi Ukraina dan Amerika serta Inggris, telah melontarkan berbagai kepalsuan tentang keadaan kesehatan presiden (Putin) dalam beberapa bulan terakhir. Ini tidak lain hanyalah palsu," ucap Peskov.

Selama beberapa bulan terakhir, memang beredar sejumlah rumor terkait menurunnya kondisi kesehatan Putin. Pada Mei lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov membantah spekulasi yang menyebut kondisi kesehatan Putin memburuk, termasuk menghadapi kanker. “Saya tidak berpikir bahwa orang waras dapat melihat pada orang ini (Putin) tanda-tanda semacam penyakit,” kata Lavrov saat diwawancara stasiun televisi Prancis, TF1, 29 Mei lalu, dikutip The Moscow Times.

Dia mengungkapkan, Putin masih tampil di muka publik setiap hari. "Anda dapat melihatnya di layar, membaca dan mendengarkan pidatonya. Saya menyerahkannya kepada hati nurani mereka yang menyebarkan desas-desus seperti itu," ucapnya.

Selain itu, sempat pula beredar kabar yang menyebut bahwa Putin mengidap parkinson akut. Terlepas dari berbagai rumor itu, Putin masih tetap tampil di muka publik.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement