Rabu 20 Jul 2022 14:41 WIB

Sejarah Panjang Islam Bersama Dunia Astronomi

Ilmu astronomi berkembang di masa keemasan Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Astronomi Islam.
Foto:

Berikut adalah beberapa nama yang menonjol:

1. Al Battani.

Sebuah kawah tumbukan bulan kuno, Albategnius, dinamai menurut versi Inggris dari namanya. Al Battani adalah seorang ahli matematika dan astronom Mesopotamia-Arab (858 – 929 M) yang termasuk dalam sekte Sabian kuno, sebuah sekte keagamaan pemuja bintang dari Harran.

Beberapa peneliti menyatakan meskipun nenek moyangnya adalah Sabian, dia sendiri adalah Muslim, diberi nama: AbūʿAbd Allāh Muḥammad ibn Jābir ibn Sinān al-Raqqī al-Ḥarrānī aṣ-Ṣābiʾal-Battān. Ayahnya adalah pembuat instrumen ilmiah yang selanjutnya memicu minatnya pada astronomi.

Sama seperti astronom lain pada zamannya, ia dipengaruhi oleh Ptolemy. Tetapi pikirannya yang selalu ingin tahu membawa dia memperbaiki perhitungan astronomi Ptolemy, dengan mengganti metode geometris ke trigonometri.

2. Mariam Al Astrolabbiya.

Ada beberapa nama wanita yang diabaikan dalam bidang astronomi. Para wanita perintis ini memberikan kontribusi signifikan untuk memahami Alam Semesta, namun sayangnya nama mereka terhapus dari halaman sejarah.

Salah satu tokoh yang menarik dan menginspirasi adalah Mariam Al ljliyy, lebih dikenal sebagai Mariam al Astrolabbiya, yang hidup pada abad ke-10 Aleppo. Begitu sedikit yang diketahui tentang dia, bahkan nama depannya pun diperdebatkan.

Menurut Ibn Al-Nadim, seorang penulis biografi dan sejarawan dari abad ke-10, Mariam lahir dari seorang astronom. Ayahnya Kusayar Al Jili (juga tercatat sebagai Al ljliyy) adalah ahli geografi, matematika dan astronom. Nama belakang mereka sering diganti dengan profesi mereka.

Duo ayah-anak ini menguasai seni membuat astrolab. Jika kalian bertanya-tanya apa itu astrolabe, anggaplah sebagai salah satu sistem GPS paling awal, teknologi canggih yang terbungkus keindahan sederhana.

Perangkat kerajinan tangan dan genggam yang rumit ini secara harfiah menempatkan model Semesta di tangan. Pegang alat ini ke arah tertentu, putar tombolnya, selanjutnya benda ini akan mengungkapkan segalanya mulai dari waktu hingga arah Makkah. Penggunaan terakhir inilah yang sangat mempopulerkan astrolabe di wilayah tersebut.

Instrumen ini lantas hidup untuk sementara waktu, yang ditemukan pada periode Helenistik. Tetapi dunia Islam abad pertengahanlah yang semakin meningkatkan teknologi di balik instrumen tersebut, dan membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang. Muhammad Al Fazari, seorang ahli matematika dan astronom abad ke-8, dikreditkan dengan membangun astrolab pertama di dunia Islam.

Mariam Al Astrolabbiya adalah salah satu dari sedikit wanita pada masanya yang mempelajari seni dan sains di balik instrumen yang rumit ini. Dia awalnya belajar perdagangan dari ayahnya dan kemudian dilatih di bawah Nastulus, yang disebut-sebut sebagai pembuat salah satu astrolabe tertua yang masih hidup.

3. Al Biruni.

Asteroid, 9936 Al Biruni, serta kawah bulan, dinamai berdasarkan jenius matematika ini. Al Biruni lahir di Uzbekistan pada abad ke-10 dan sangat sedikit yang diketahui tentang warisannya. Tapi ada banyak catatan karyanya, mengingat ia menulis 146-judul-aneh dalam hidupnya, setengah dari yang didedikasikan untuk astronomi dan matematika. Bagaimana kita tahu ini? Dia mengindeks sebagian besar karyanya sendiri!

Kontribusi terbesarnya adalah mengukur jari-jari Bumi, yang hampir tepat sasaran. Mengukur Bumi bukanlah tugas yang mudah. Jadi, dia mulai dengan mengukur ketinggian sebuah bukit yang sekarang berada di provinsi Punjab, Pakistan.

Dia memilih bukit ini karena topografi dan lokasinya yang unik. Dia kemudian mendaki bukit untuk mengukur cakrawala. Menggunakan trigonometri dan aljabar, ia mencapai nilai 3928,77 mil, yang hanya sedikit dari nilai yang diterima saat ini yaitu 3847,80 mil.

4. Khalifah Al Mamun.

Meskipun bukan seorang astronom, Khalifah memiliki kawah bernama 'Almanon' untuk menghormatinya. Karena di bawah perlindungannya, astronomi sebagai bidang tumbuh di Kekaisarannya.

Pada abad ke-9, Khalifah Al Mamun memberikan dorongan pada Rumah Kebijaksanaan, sebuah akademi di mana para pemikir terbesar dalam sains dan seni dapat berkumpul, berdebat dan mendorong batas-batas pengetahuan.

Terjemahan saja tidak cukup. Para sarjana ingin menguji hipotesis itu sendiri. Sepanjang jalan, banyak astronom Muslim mengoreksi dan mengimprovisasi karya Ptolemy.

Al Mamun juga mendapat sebutan sebagai orang yang membangun observatorium pertama di dunia Muslim yang didirikan di Baghdad. Tidak berhenti di situ, dia melanjutkan untuk mendirikan observatorium lain di Damaskus.

Ada banyak astronom, cendekiawan dan penyokong terhormat lainnya, yang tak terhitung banyaknya untuk disebutkan. Namun, beberapa nama telah hilang oleh waktu.  

Sumber:

https://english.alaraby.co.uk/features/written-stars-islams-storied-history-astronomy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement