Selasa 19 Jul 2022 01:50 WIB

Masjid Al-Jum'ah, Tempat Nabi SAW Melaksanakan Sholat Jumat Pertama Setelah Hijrah

Masjid Al-Jum'ah dibangun kembali dan diperluas untuk menampung 650 jamaah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jumah. Masjid Al-Jumah, Tempat Nabi SAW Melaksanakan Sholat Jumat Pertama Setelah Hijrah
Foto: Arab News
Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jumah. Masjid Al-Jumah, Tempat Nabi SAW Melaksanakan Sholat Jumat Pertama Setelah Hijrah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Madinah adalah rumah bagi sejumlah masjid dan situs Islam bersejarah. Kota suci ini menjadi tujuan wisata yang sesungguhnya.

Pengunjung dapat menjelajahi tempat-tempat bersejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. Masjid Al-Jum'ah adalah salah satu tempat yang terkait dengan hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Baca Juga

 

Terletak di barat daya Madinah, dekat Wadi Ranuna, 900 meter di utara Masjid Quba dan enam kilometer dari Masjid Nabawi, masjid tersebut merupakan tempat Nabi Muhammad singgah di kawasan Wadi Ranuna dan melaksanakan sholat Jumat.

 

 

Masjid Al-Jum’ah memiliki nama yang berbeda, seperti Masjid Al-Wadi dan Masjid Atikah. Sebagai situs sejarah yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam, saat ini terlihat sejumlah pengunjung yang datang untuk menunaikan shalat.

 

Bangunan masjid dibangun dengan pondasi awalnya kemudian dihancurkan dan direnovasi beberapa kali. Sebelum perluasan terakhir, masjid dibangun di atas gundukan kecil, dengan satu kubah terbuat dari batu bata merah.

Kemudian dibangun kembali dan diperluas untuk menampung 650 jamaah. Masjid ini juga memiliki sebuah menara, sebuah kubah utama di tengah area sholat dan empat kubah kecil di sisi-sisinya.

://www.arabnews.com/node/2124106/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement