Jumat 15 Jul 2022 00:10 WIB

Inilah Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat

Salah satunya adalah seorang penguasa yang adil.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
 Umat Muslim berdoa di luar Masjid Katedral Moskow saat perayaan di Moskow, Rusia, Sabtu, 9 Juli 2022. Di seluruh dunia, umat Islam akan menandai berakhirnya ibadah haji dengan Idul Adha. Liburan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail atas permintaan Tuhan. Muslim secara tradisional menyembelih domba dan sapi, membagi daging di antara yang membutuhkan, teman dan kerabat. Inilah Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat
Foto:

6. Orang yang bersedekah dan menyembunyikannya

Bagian dari hadits ini menunjukkan dua kualitas yang sangat penting yang harus menjadi ciri khas setiap Muslim. Pertama adalah amal. 

Kita harus banyak bersedekah sampai kita lupa berapa banyak sedekah yang telah kita berikan. Pernahkah Anda bertanya-tanya orang yang bersedekah tidak pernah menjadi miskin? Bahkan jika mereka memberi jutaan dalam amal?

Poin kedua yang ditekankan adalah fakta orang yang bersedekah harus memberikannya secara rahasia. Generasi awal umat Islam biasa bersedekah secara diam-diam sehingga bahkan istri mereka pun tidak mengetahuinya.

Riya', pamer dalam ibadah, adalah syirik tersembunyi (menyekutukan Allah), menghancurkan semua berkah dari suatu perbuatan baik, dan membuatnya batal demi hukum, seperti yang dilakukan untuk pamer kepada orang-orang dan bukan untuk kepentingan Allah. Cara terbaik untuk menjaga diri kita adalah dengan melakukan semua ibadah sunnah dan nafl (sukarela) secara rahasia dan jauh dari pandangan orang banyak.

photo
Pamflet nasihat dipasang oleh Gerakan Pemuda Yudonegaran di sepanjang Jalan Ibu Ruswo, Yogyakarta, Ahad (27/3/2022). Pemasangan pamflet nasihat ini rutin dipasang untuk menyambut Ramadhan. Pamflet ini berisi kata-kata pengingat dan tuntutan ajaran Islam. Seperti pengingat untuk berpuasa, menjauhi riba, dan sedekah. - (Wihdan Hidayat / Republika)

7. Manusia yang mengingat Allah saat sendiri dan meneteskan air mata

Menangis secara sembunyi-sembunyi, karena menangis di depan umum adalah hal yang lumrah ketika imam berdoa. Rasa takut pamer tetap ada disini dan karenanya orang yang menangis secara sembunyi-sembunyi akan diberi naungan di bawah Allah, pada hari yang tidak ada naungan selain naungan Allah.

Allah-lah yang dimohonkan agar kita diberi perlindungan dari hawa nafsu yang cenderung kepada kemaksiatan, dan agar keinginan kita sesuai dengan apa yang disukai-Nya dan diridhoi-Nya. Dia berkuasa atas segala sesuatu, dan Dia paling layak menjawab permohonan kita.

https://aboutislam.net/reading-islam/about-muhammad/7-safe-day-judgment-one/2/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement