Sabtu 09 Jul 2022 03:49 WIB

Mengenal Cirnicus, Rasi Bintang Redup yang Bersebelahan dengan Bintang Paling Terang

Cirnicus redup tapi terletak dekat Alpha Centaury, bintang ketiga paling terang.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Rasi bintang Cirnicus
Foto: Chelynne Campion via earth sky
Rasi bintang Cirnicus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terletak di belahan bumi selatan, Circinus adalah rasi bintang yang redup. Fitur paling menonjol dari rasi bintang ini adalah kedekatannya dengan Alpha Centauri, bintang paling terang ketiga di langit kita dan sistem bintang terdekat dengan Bumi. 

Dekat kutub langit selatan, Circinus dan Alpha Centauri keduanya berada. Circinus tidak pernah terbenam, sehingga dapat dilihat dari belahan bumi selatan. Cirnicus dapat dilihat di langit selatan sepanjang tahun, termasuk di malam hari.

Baca Juga

Dengan hanya satu bintang di atas magnitudo 4, Circinus mungkin redup, namun kedekatannya dengan Alpha Centauri membuatnya mudah untuk ditemukan. Sebagai bintang paling terang ketiga di langit, Alpha Centauri, dengan kecerahan -0,27, sangat mudah ditemukan.

Bintang-bintang dan gugusan bintang di rasi bintang Cirnicus

Dilansir dari Earth Sky, bintang paling terang di Circinus, Alpha Circini, berjarak 53 tahun cahaya dan memiliki magnitudo 3,19. Beta Circini, yang terletak 7 1/2 derajat dari Alpha dan merupakan bintang paling terang kedua, besarnya 4,07, dengan jaraknya 97 tahun cahaya dari Bumi.

Circinus terletak di sepanjang Bima Sakti, menjadikannya lokasi yang bagus untuk memindai dengan teleskop dan melihat apa yang muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement