Rabu 06 Jul 2022 16:38 WIB

Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya

Qurban memperkuat iman Muslim.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Darussalam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (20/7/2021). Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya
Foto:

Bagaimana orang merayakan Idul Adha dan apa saja tradisinya?

Pada Idul Adha, orang biasanya akan mengenakan pakaian yang baru dibeli untuk acara tersebut atau pakaian terbaik yang mereka miliki. Teman dan keluarga biasanya berkumpul segera setelah sholat untuk saling bertemu dan merayakan bersama. Beberapa keluarga akan bertukar hadiah dan makan bersama.

Beberapa mungkin memilih untuk menghabiskan liburan mengunjungi orang sakit, memberi amal dan memberi penghormatan kepada mereka yang telah meninggal. Karena Idul Adha dikaitkan dengan pengorbanan, biasanya makanan yang dinikmati pada acara tersebut berpusat di sekitar hidangan daging.

Salah satu hidangan klasik yang biasanya dimakan di Timur Tengah pada Idul Adha adalah fattah - terdiri dari nasi putih, di atasnya dengan potongan daging domba dan keripik pitta panggang, dan disiram dengan bawang putih tajam dan saus tomat.

Di Oman, shuwa domba sangat populer; domba yang dimasak dengan lambat diasinkan selama berjam-jam kemudian diletakkan di atas sepiring besar nasi beraroma. Idul Adha tidak lengkap tanpa makanan manis yang dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak. Makanan pokok meliputi jeruk harum dan semolina kelapa dan qatayif, adonan seperti panekuk yang diisi dengan keju dan kacang manis.

photo
Seorang pedagang menunggu pelanggan berikutnya unta yang dihiasi dengan warna, pita dan tulisan Salam Idul Fitri di pasar ternak menjelang hari raya Idul Adha, di pinggiran Islamabad, Pakistan, Senin, 4 Juli 2022. Idul Fitri Adha, hari raya Islam yang paling penting, menandai kesediaan Nabi Ibrahim, Ibrahim untuk Kristen dan Yahudi, untuk mengorbankan putranya. Selama hari raya, yang di sebagian besar tempat berlangsung empat hari, umat Islam menyembelih domba atau sapi, membagikan sebagian dagingnya kepada orang miskin. - (AP Photo/Anjum Naveed)

https://www.middleeasteye.net/discover/eid-adha-qurbani-islamic-sacrifice-explained

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement