Rabu 06 Jul 2022 16:38 WIB

Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya

Qurban memperkuat iman Muslim.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Darussalam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (20/7/2021). Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya
Foto:

Apa yang dilakukan dengan hewan yang diqurbankan?

Umat Islam wajib membagi hewan suci menjadi tiga bagian untuk dibagikan. Satu bagian untuk dibagikan kepada keluarga orang tersebut, yang lainnya untuk kerabat dan teman, dan yang ketiga untuk diberikan kepada yang kurang mampu.

Pembagian daging merupakan bagian integral dari qurban. Ini mengajarkan umat Islam pentingnya tugas dan pelayanan mereka kepada orang lain dan komunitas Muslim yang lebih luas.

Seperti disebutkan di atas, beberapa Muslim mungkin memilih menyumbangkan seluruh porsi daging mereka kepada yang kurang beruntung. Hal ini banyak dilakukan di negara berkembang atau di mana ada kerawanan pangan yang signifikan.

Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, domba dan kambing harus berusia setidaknya satu tahun saat dikorbankan. Sedangkan sapi setidaknya harus berusia dua tahun dan unta setidaknya harus berusia lima tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement