Rabu 06 Jul 2022 16:38 WIB

Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya

Qurban memperkuat iman Muslim.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Darussalam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (20/7/2021). Penjelasan Singkat Apa Itu Idul Adha dan Qurban Beserta Tradisinya
Foto:

Kapan qurban terjadi?

Muslim akan melakukan pengorbanan ternak selama Idul Adha setiap tahun. Idul Adha berlangsung antara tanggal 10 dan 12 bulan Islam Dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir dari kalender lunar.

Mengorbankan hewan dan Idul Adha bertepatan dengan berakhirnya haji. Idul Adha menandai selesainya ibadah haji dan merupakan waktu perayaan bagi umat Islam.

Pada 2022, Idul Adha diperkirakan akan dimulai pada 9 Juli, tergantung pada penampakan bulan. Qurban biasanya selesai dalam waktu tiga hari sejak dimulainya perayaan.

Apa yang terjadi selama qurban?

Biasanya, penyembelihan hewan dilakukan sebelum sholat Idul Adha berjamaah dini hari. Di seluruh dunia, rumah jagal mempersiapkan acara tersebut dan menyiapkan berbagai potongan daging yang siap didistribusikan.

Menurut tradisi Islam, qurban harus dilakukan dengan cara yang seminimal mungkin menyebabkan kerugian atau penderitaan bagi hewan. Inilah sebabnya mengapa hewan tidak disembelih di depan satu sama lain. Pisau tumpul tidak boleh digunakan dan nama Allah harus disebut saat menyembelih.

Banyak Muslim, khususnya di Barat, tidak dapat membeli hewan qurban sendiri dan sering membayar amal atau kerabat yang tinggal di negara Muslim untuk mengorbankan hewan atas nama mereka. Artinya, mereka tidak memiliki akses terhadap daging dari hewan yang disembelih itu sendiri, melainkan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

photo
Orang-orang menggunakan crane untuk memuat hewan kurban ke atas atap mereka, menjelang festival Idul Adha di Karachi, Pakistan, 26 Juli 2020. Idul Adha adalah yang paling suci dari dua hari libur Muslim yang dirayakan setiap tahun, itu menandai tahunan Ziarah Muslim (Haji) untuk mengunjungiak, tempat paling suci dalam Islam. Muslim menyembelih hewan kurban dan membagi daging menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu untuk orang miskin dan yang membutuhkan. - ( EPA-EFE / SHAHZAIB AKBER)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement