Kamis 30 Jun 2022 06:24 WIB

Bolehkah Berhaji Sambil Bekerja? 

Ibadah haji merupakan bagian dari syariat agama.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Foto:

Sampai-sampai dalam Surah Al-Muzammil pada ayat 20, Allah berfirman, "Karena ada sebagian hamba-hamba Allah yang berjalan mencari rezeki, sebagian berjihad fi sabilillah,". Dua pekerjaan yang mulia, kata Kiai Yusran, yaitu orang yang bekerja mencari rezeki dan berjihad fi sabilillah. 

"Ini menunjukkan juga bahwa orang yang sungguh-sungguh mencari kerja di sisi Allah, pahalanya luar biasa besar," ujarnya. 

Nabi pernah ditanya mengenai apa profesi yang terbaik, Nabi berkata, "Kerjanya seorang dengan tangannya sendiri, dan setiap jual beli yang halal,". Hadis ini kadarnya shahih. 

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari disebutkan bahwa seseorang pergi masuk hutan untuk mengumpulkan kayu bakar, lalu dipikulnya, dan dijual ke pasar, dengannya dia mendapatkan uang dan rezeki halal, itu jauh lebih baik dibandingkan seseorang yang meminta-meminta.  

 

"Maksudnya bagaimana? Meskipun pekerjaan itu dianggap, katakanlah hina oleh pandangan manusia, selagi itu halal, maka hal itu lebih baik daripada seseorang yang meminta-minta," kata beliau. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement