Selasa 07 Jun 2022 16:28 WIB

Rezeki Terasa Sempit, Apa yang Harus Dilakukan?

Allah SWT membentangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Rezeki Terasa Sempit, Apa yang Harus Dilakukan?
Foto:

Allah SWT berfirman, "Maka adapun manusia, apabila Tuhan mengujinya lalu memuliakannya dan memberinya kesenangan, maka dia berkata, "Tuhanku telah memuliakanku." Namun apabila Tuhan mengujinya lalu membatasi rezekinya, maka dia berkata, "Tuhanku telah menghinaku." Sekali-kali tidak! Bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim." (QS Al-Fajr ayat 15-17)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa semua orang yang diberi rezeki berlimpah atau kesenangan itu tidak berarti hidupnya dimuliakan oleh Allah SWT. Sebaliknya, orang yang rezekinya sempit tidak berarti hidupnya telah dihinakan oleh Allah SWT.

Karena itu, bila seorang Muslim meyakini bahwa Allah SWT memiliki kebijaksanaan atas apa yang Dia tetapkan, maka bersikap tenanglah karena ini semua adalah ketetapan Allah SWT. Tunduklah pada segala ketetapan-Nya, dan pujilah Dia atas apa yang Dia berikan dari karunia-Nya.

Jangan pernah bosan dan jangan marah pada qadha dan qadhar-Nya. Apa yang Allah SWT tetapkan adalah rahmat, mengandung hikmah, dan maslahat. Seorang hamba harus tetap berjuang di jalan Allah SWT dan perjuangan ini akan mendapatkan balasannya. Maka, berjuanglah dalam menemukan pekerjaan yang tepat, jangan pernah bosan.

Setiap Muslim perlu mengetahui, pada prinsipnya, faktor utama melimpahnya rezeki adalah taqwa kepada Allah SWT. Karena itu, bertobatlah kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan, dan jangan batasi diri dengan hanya minta ampun secara lisan. Sebab, tobat yang sebenar-benarnya adalah yang istiqamah dalam ketaqwaan, dan ini adalah salah satu sumber rezeki yang paling besar.

Allah SWT berfirman, "...Siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar untuknya, Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS At-Thalaq ayat 2-3)

 

Link artikel asli

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement