Ahad 15 May 2022 03:05 WIB

Tiga Niat yang Harus Dihindari Saat Membaca Alquran

Apa yang Anda dapatkan dari Alquran tergantung pada tujuan Anda mendapatkannya.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi  Anak membaca Alquran. Tiga Niat yang Harus Dihindari Saat Membaca Alquran
Foto:

Membaca setiap huruf Alquran membawa pahala yang besar. Tetaplah sadar akan semua pahala, dan jadikan itu sebagai tujuan dari niat Anda. Tetapi jangan pernah lupa bahwa dengan memahami, menyerap, dan mengikuti Alquran, Anda telah dijanjikan pahala yang jauh lebih besar, di dunia ini dan di akhirat. Inilah yang harus Anda tuju.

Sangat bermanfaat untuk membaca setiap ayat Alquran. Ingatlah semua pahala, dan jadikan itu sebagai tujuan Anda, karena mereka akan memberi motivasi kuat yang Anda butuhkan untuk menghabiskan hidup Anda dengan Alquran. Namun, jangan pernah lupa bahwa memahami, menyerap, dan mempelajari Alquran, telah menjanjikan Anda pahala yang jauh lebih besar, baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini harus Anda perjuangkan.

Tidak hanya tujuan Anda harus murni, tetapi begitu Anda membawa Alquran, baik teks maupun perwujudannya yang hidup dalam sunnah, Anda tidak boleh mencari petunjuk dari sumber lain mana pun. Karena ibarat Anda seperti berlari mengejar fatamorgana. Itu berarti kurangnya rasa percaya diri, dan fitnah terhadap Alquran, sehingga akan menjadi loyalitas berkurang.

Akhirnya, niat Anda harus diarahkan untuk hanya mencari keridhaan Tuhan Anda dengan mengabdikan hati, pikiran, dan waktu Anda untuk bimbingan yang telah Dia kirimkan kepada Anda. Itulah yang kamu tukarkan ketika kamu menyerahkan dirimu kepada Allah:

“Dan di antara manusia ada orang yang menjual dirinya karena mencari keridhaan Allah.” (Al-Baqarah 2:207).

Jadi selalu tanyakan pada diri sendiri, “mengapa saya membaca Alquran?” Katakan pada diri Anda terus-menerus mengapa Anda harus melakukannya. Ini mungkin cara terbaik untuk memastikan kemurnian tujuan dan niat Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement