Ahad 15 May 2022 04:00 WIB

10 Amalan yang Mudah Dilakukan Setelah Ramadhan

Tersenyum salah satu amalan mudah setelah Ramadhan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ibadah (ilustrasi). 10 Amalan yang Mudah Dilakukan Setelah Ramadhan
Foto:

6. Mintalah ampun kepada Allah

Tidak ada orang yang sempurna, tidak peduli seberapa keras kita berusaha untuk menjadi sempurna. Kita semua membuat kesalahan, meskipun itu besar atau kecil. Meskipun kita mencari pengampunan dari Allah selama Ramadhan, penting untuk menjaga ini setelah Ramadhan. Itu juga tidak perlu waktu lama, tetapi memang membutuhkan penyesalan, ketulusan, dan kerendahan hati.

7. Bersyukurlah

Sering kali, mengingat berkah yang dianggap remeh dan tidak menunjukkan lebih banyak rasa syukur untuk itu. Allah memberi kita lebih dari yang kita sadari, bahkan ketika hidup tampaknya tidak berjalan begitu baik, jadi kita harus mencoba untuk lebih banyak mengungkapkan rasa syukur kita. Plus, rasa syukur memiliki manfaat kesehatan mental dan bahkan fisik.

8. Berdoa untuk orang lain

Hal yang indah tentang tarawih adalah sering berakhir dengan imam berdoa untuk ummat, sementara jemaah secara emosional mengatakan "amin" di belakangnya. Kita juga dapat melanjutkan latihan hebat ini setelah Ramadhan, secara pribadi. Plus, jika kita berdoa untuk orang lain, para malaikat akan berdoa untuk kita.

9. Senyum

Tidak hanya tersenyum lebih alami membuat kita merasa lebih baik, ada juga banyak keutamaan tersenyum yang ditekankan oleh Nabi Muhammad (SAW).

10. Puasa

Puasa tidak harus menjadi sesuatu yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan. Bagi yang mampu, puasa sunnah sangat bermanfaat. Kita dapat menjalankan puasa ini di berbagai waktu sepanjang tahun dan bahkan dalam setiap bulan. Poin bonusnya adalah mereka mempermudah puasa di bulan Ramadhan, karena tubuh kita sudah terbiasa dengannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement