Sabtu 14 May 2022 09:26 WIB

Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

Sholat lima waktu itu wajib.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang wanita Muslim dengan tangannya yang dilukis dengan pacar tradisional berdoa selama sholat Idul Fitri, membuat pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan
Foto:

2. Berpegang pada ibadah wajib

Semua perbuatan baik memiliki peringkat sesuai dengan prioritas untuk Allah yang ingin kita berikan. Anda bisa tahu apa Anda mampu dan apa yang Anda tak bisa. 

Sholat lima waktu itu wajib. Artinya jika meninggalkannya maka berdosa. Di sisi lain, sholat shalat sunnah meskipun sangat dianjurkan untuk dilakukan, namun ibadah ini tidak wajib. 

Anda tak berdosa jika tidak melakukannya. Jika shalat 10 atau 12 rakaat sholat zhuhur tampak terlalu menakutkan, Anda bisa sholat empat rakaat wajib dan ini sudah cukup.

3. Jangan hapus semua amalan Ramadhan 

Bayangkan Anda telah bekerja keras selama satu bulan untuk membangun rumah yang indah. Anda telah meletakkan semua batu bata di tempatnya dengan tangan Anda sendiri, menyemen dinding, dan mengecat jendela. Sekarang hanya atap yang dibiarkan terbuka.

Namun, sekarang bayangkan diri Anda naik buldoser dan mengendarainya melewati rumah indah Anda! Anda baru saja menghancurkan kerja keras sebulan dengan tangan Anda sendiri. 

Tidakkah rasanya mengerikan ketika kerja keras jadi sia-sia? Namun, itulah yang terjadi jika setelah sebulan berpuasa dan berdoa, kita melepaskan semuanya; setelah membangun hubungan dengan Allah SWT, Anda mulai secara terang-terangan melanggar perintah-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement