Sabtu 14 May 2022 09:26 WIB

Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

Sholat lima waktu itu wajib.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang wanita Muslim dengan tangannya yang dilukis dengan pacar tradisional berdoa selama sholat Idul Fitri, membuat pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan
Foto:

Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

1. Jangan berharap terlalu banyak dari diri sendiri

Setan-setan dibelenggu selama Ramadhan, memudahkanmu untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Artinya, begitu malam Idul Fitri dimulai, setan-setan kembali beraktivitas seperti biasa dan urusan mereka membuat hidup dan akhirat Anda sesulit yang mereka bisa.

“Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan menghalangi-halangi mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (kepadaMu)” (Alquran 7:16-17).

Ketika Anda mendengar adzan Isya di malam Idul Fitri dan pikiran untuk shalat menghampiri Anda, bersiaplah pikiran mengganggu segera memenuhi pikiran Anda.

"Aku harus memasak untuk besok. Ada begitu banyak yang harus dilakukan. Aku juga harus pergi berbelanja. Toko sepatu itu menawarkan diskon khusus malam ini dan akan segera tutup! Mengapa saya tidak pergi ke sana sekarang dan sholat sesudahnya?"

Dan setelah Anda kembali dari berbelanja, setan akan menemukan ratusan alasan lainnya untuk menjauhkan Anda dari sajadah sepanjang malam. Padahal, semakin Anda mematuhi setan, semakin banyak kekuatan yang akan mereka peroleh atas Anda dan tampaknya semakin sulit untuk mematuhi Allah. 

Untuk mengusir iblis, ambil tindakan instan sejak awal. Lakukan apa yang paling mereka benci, yaitu sholat segera setelah waktunya tiba. Jika tampaknya terlalu sulit, katakan pada diri sendiri: "Saya hanya akan sholat fardhu. Ini tidak akan memakan waktu 10 menit. Kemudian, saya dapat berbelanja sebanyak yang saya inginkan dan dengan hati nurani yang bersih."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement