Kamis 12 May 2022 13:06 WIB

Mengenal 5 Desain Bingkai Jendela dari Timur Tengah

Desain jendela mengadopsi gaya arsitektur unik yang menggabungkan warisan artistik.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Jendela mashrabeyya Mesir
Foto:

Qamariyas (Yaman)

photo
Desain jendela Qamariyas yang biasa ada di Yaman. - (reuters)

Batu Yaman dan jendela kaca patri ditemukan di seluruh negeri, terutama di Kota Tua Sanaa. Saat matahari bersinar melalui jendela kaca patri berwarna-warni ini, rangkaian warna yang indah menyebar ke seluruh ruangan.

Qamariya, berasal dari kata Arab untuk bulan. Nama ini didapatkan dari bentuk setengah lingkaran yang menutupi bingkai jendela. Ruang diisi dengan jendela dekoratif, biasanya terbuat dari gypsum dan diisi dengan kaca berwarna, masing-masing menampilkan pola yang berbeda.

Jendela dibuat oleh pengrajin yang telah bekerja dalam perdagangan sepanjang hidup mereka. Biasanya jendela ini dibuat oleh keluarga yang telah membuat jendela selama beberapa generasi.

Kairouan (Tunisia)

photo
Desain bingkai jendela Kairouan dari Tunisia. - (wikimedia)

Tunisia terkenal dengan bingkai jendela biru, yang menonjol di dinding putih bangunan, seperti yang biasa terlihat di kota Sidi Bou Said. Sejarah menyatakan bahwa skema warna adalah gagasan dari orang Prancis, yang tiba di negara itu selama era kolonial. Jendela menggunakan nuansa biru langit dan laut untuk melukis ke rumah bercat putih.

Daun jendela kayu bercat biru dijaga ke arah bawah dengan kisi-kisi besi dan memiliki celah kecil yang memungkinkan udara dingin masuk ke interior.

 

Desain jendela secara tradisional seragam di sebagian besar bangunan. Bingkai jendela yang lebih besar memungkinkan pengrajin untuk lebih inventif dan eksperimental, dan karena itu sering menampilkan pola lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement