Kamis 12 May 2022 13:06 WIB

Mengenal 5 Desain Bingkai Jendela dari Timur Tengah

Desain jendela mengadopsi gaya arsitektur unik yang menggabungkan warisan artistik.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Jendela mashrabeyya Mesir
Foto:

Mashrabeyya (Mesir)

photo
Jendela mashrabeyya Mesir - (wikipedia common)

Jendela mashrabeyya Mesir pertama kali digunakan di gereja-gereja Koptik negara itu sebelum menyebar ke bentuk arsitektur lain. Model ini telah digunakan sejak Abad Pertengahan. 

Kata Arab mashrabeyya berasal dari kata untuk "tempat minum". Hubungannya dengan jendela bisa jadi karena jendela menawarkan tempat yang berventilasi dan teduh bagi orang untuk membiarkan air dingin. 

Diukir dengan berat dan mendetail, bingkai jendela berfungsi sebagai pembungkus eksternal untuk jendela kaca dan biasanya menampilkan bingkai yang rumit.

Seperti bingkai jendela lain yang muncul di sini, bingkai jendela memiliki bukaan yang lebih kecil ke arah bawah dan bukaan yang lebih besar ke arah atas, yang menciptakan aliran udara dan bertindak sebagai pendingin ruangan.

Gaya mashrabeyya berbeda dari satu daerah ke daerah lain di Mesir dengan banyak menampilkan kaca patri dan lainnya memiliki desain yang lebih terbuka tidak dilapisi dengan kaca.

Secara tradisional, kusen jendela digunakan di istana dan rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, kusen jendela digunakan pada bangunan umum, seperti rumah sakit dan sekolah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement