Rabu 13 Apr 2022 05:35 WIB

Zamzam, Keajaiban yang Abadi

Sumur Zamzam pertama kali menyembur keluar sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Infografis Mukjizat Sumur Zamzam. Zamzam, Keajaiban yang Abadi
Foto: Republika.co.id
Infografis Mukjizat Sumur Zamzam. Zamzam, Keajaiban yang Abadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka puasa dengan minum air Zamzam dan makan buah kurma adalah tradisi yang dihormati oleh umat Islam di seluruh negara. Nabi Muhammad SAW bahkan menyebut air Zamzam sebagai minuman yang diberkahi, makanan yang baik dan obat untuk penyakit.

Seperti dilansir Zawya, Selasa (12/4/2022), zamzam adalah salah satu keajaiban Islam yang abadi. Sumur Zamzam pertama kali menyembur keluar sekitar 4.500 tahun yang lalu. 

Baca Juga

Berawal dari kisah Sayidati Hajar, istri Nabi Ibrahim yang  bersusah payah mencari air untuk putranya yang masih bayi, nabi Ismail. Ia berlari di antara bukit Safa dan Marwa di Mekkah sebanyak tujuh kali. Sampai dia melihat para malaikat di suatu tempat menggali tanah ketika genangan air menyembur keluar dan membentuk menjadi sumur yang kemudian dikenal sebagai Zamzam.

Berjalan di antara bukit yang sama sebanyak tujuh kali, sekarang menjadi salah satu ritual haji dan umroh. Sekitar 4.500 tahun telah berlalu, dan tidak ada tanda pengurangan air Zamzam yang terus mengalir tanpa henti. Zamzam membawa kelegaan bagi jutaan umat Islam. 

 

Banyak penelitian telah dilakukan. Air Zamzam ditemukan tidak memiliki kotoran, lumut, serangga atau jamur. Air ini mengandung tingkat mineral alami yang lebih tinggi dan karenanya memiliki rasa yang berbeda dan berat.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement