Rabu 06 Apr 2022 00:30 WIB

Apakah Pahala Mendengarkan Alquran Sama dengan Membacanya?

'Dan ketika Alquran dibacakan, maka dengarkan dan diamlah agar kamu mendapat rahmat.'

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Penyandang disabilitas netra membaca Alquran braile di masjid Al Hidayah komplek Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra (PPSDN) Penganthi Temanggung, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021). Penyandang disabilitas netra di tempat tersebut selama bulan suci Ramadhan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti mendengarkan ceramah, tadarus Alquran Braile, shalat tarawih, dan berlatih musik rebana. Apakah Pahala Mendengarkan Alquran Sama dengan Membacanya?
Foto:

Dalam surah lain, Allah berfirman: “Katakanlah, (Wahai Muhammad), “Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekelompok jin mendengarkan dan berkata, 'Sungguh, kami telah mendengar Alquran yang menakjubkan' ." (QS Al Jinn ayat 1)

Terlepas dari pentingnya dan manfaat mendengarkan Alquran, membaca ayat-ayat Alquran langsung jelas lebih utama. Karena akan lebih banyak indera yang terlibat ketika seorang Muslim membaca Alquran dengan keras, daripada ketika mereka hanya mendengarkan saja. Seperti lidah, telinga, dan mata mereka akan ikut terlibat. Hati, serta tubuh, terhubung lebih dalam ke Alquran ketika seorang Muslim membacanya dengan keras, dengan fokus dan perhatian penuh, daripada ketika mereka mendengarkannya secara pasif.

Nabi SAW juga bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka dia akan dikreditkan dengan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu mendapat sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan bahwa Alif-Laam-Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf. (Jami Al-Tirmidzi)

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa mendengarkan Alquran dengan penuh perhatian ketika sedang dibacakan, dan tetap diam saat melakukannya, adalah perbuatan baik. Mendengarkan bacaan Alquran melembutkan hati yang menerima, rendah hati yang menyimpan iman yang benar, dan menyebabkan ketenangan turun ke jiwa.

Seorang Muslim harus melakukan kedua perbuatan baik tersebut, membaca Alquran dengan lidah mereka, serta mendengarkannya dengan tenang dan penuh perhatian. Jika mereka memiliki kemampuan bahasa Arab yang lemah, mereka harus tetap berusaha untuk membaca Alquran sebaik mungkin. Secara bersamaan, mereka harus berusaha untuk mendapatkan pengetahuan yang diperlukan yang akan membantu mereka meningkatkan bacaan Alquran mereka.

Nabi bersabda: Orang yang membaca Alquran sementara dia mahir membacanya akan bersama para malaikat (malaikat) yang terhormat dan patuh, dan orang yang membaca Al-Qur'an ketika dia sulit membacanya, akan mendapat dua pahala. (HR Sahih Al Bukhari & Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement