Sabtu 02 Apr 2022 19:19 WIB

Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latinnya 

Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri atau berjamaah sesuai niatnya

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Sholat Tarawih. Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri atau berjamaah sesuai niatnya
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sholat Tarawih. Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri atau berjamaah sesuai niatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sholat Tarawih adalah sholat sunnah khusus yang hanya ada di bulan Ramadhan. Meskipun bersifat sunnah, sholat Tarawih sangat dianjurkan baik sendiri-sendiri maupun berjamaah di masjid. 

Jumlah rakaat sholat tarawih lebih banyak dibandingkan sholat sunnah lain. Sebagain mengerjakan delapan rakaat dengan empat salam, sebagian lain 20 rakaat dengan 10 salam. Kemudian ditambah dengan sholat witir tiga rakaat.

Baca Juga

Dikutip dari buku Qiyamul lail dan Ramadhan karya Isnan Ansory, menyebutkan bahwa niat sholat tarawih dilakukan setiap dua rakaat dari rakaat- rakaat sholat tarawih. Imam an-Nawawi berkata dalam kitabnya, al- Majmu’ Syarah al-Muhadzzab:

“Tidak sah sholat tarawih dilakukan dengan niat sholat sunnah secara mutlak, namun mesti diniatkan dengan sholat sunnah Tarawih atau sholat Tarawih atau qiyam Ramadhan. Dan juga diniatkan pada setiap dua rakaat dari rakaat-rakaat sholat tarawih.” Berikut ini bacaan niat sholat tarawih sendiri dan berjamaah. 

 

Niat sholat tarawih sebagai imam: 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblata adaan imaman lillahi ta’la (Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai imam karena Allah SWT).

Niat sholat Tarawih sebagai makmum:  

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaan ma’muman lillahi ta’la (Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai makmum karena Allah SWT). 

Niat sholat tarawih sendiri (munfarid): 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala. (Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement