Rabu 23 Mar 2022 17:19 WIB

5 Fondasi Temukan Tujuan Hidup Sejati Menurut Imam Ghazali

Imam Ghazali menekankan pentingnya tujuan hakiki dalam hidup

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Bersujud sebagai media mencari tujuan hidup (ilustrasi).Imam Ghazali menekankan pentingnya tujuan hakiki dalam hidup
Foto:

Fondasi kedua, memenuhi hak dan kewajiban Allah SWT. Imam Al Ghazali menjelaskan, ada dua macam hak Allah SWT yang wajib dipenuhi, yaitu menunaikan semua kewajiban dan meninggalkan hal-hal haram. Menurut dia, menunaikan setiap kewajiban dan meninggalkan larangan-Nya adalah bentuk ketakwaan.

Siapa yang melaksanakan sebagian dari hal ini, kata Al Ghazali, berarti ia telah menjaga diri dari akibat yang akan diterima berupa keburukan di dunia maupun di akhirat. Ia akan menerima kenikmatan surga dan ridha Allah SWT.

Fondasi ketiga, menebar kasih sayang terhadap sesama. Menurut Al Ghazali, kasih sayang terhadap makhluk Allah SWT berarti mengagungkan urusan Allah SWT. Maka dari itu, hendaknya umat Islam memberikan apa yang mereka minta darinya dan tidak membebani di luar kemampuan mereka.

Al Ghazali menuturkan, selayaknya umat Islam juga bahagia atas segala hal yang menjadikan mereka bahagia, dan bersedih dengan sesuatu yang telah membuat mereka sedih. Dia pun lebih menyukai orang yang menjaga hati seorang mukmin secara syari daripada orang yang sekian kali pergi haji dan perang.

Menurut Al Ghazali, seorang mukmin sebaiknya juga lebih memilih kehormatan saudaranya daripada kehormatannya sendiri, dan lebih memilih kehinaan dirinya sendiri daripada kehinaan saudara-saudaranya.

Fondasi keempat, mengenali diri dengan sebaik-baiknya. Karena, Imam al Ghazali juga pernah mengutip hadits Rasulullah SAW:

من عرف نفسه فقد عرف ربه "Man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu, siapa yang mengenal dirinya, dia mengenal Tuhannya."

 

Fondasi kelima, berpendirian kuat dan tidak mudah goyah (Istiqamah). Menurut Al Ghazali, pengertian istiqamah berarti berpendirian kuat atau kukuh, berketetapan hati, tekun dan terus-menerus menigkatkan usaha untuk mencapai cita-cita. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement