Senin 21 Mar 2022 18:23 WIB

Menelusuri Jejak Islam Lewat Tujuh Masjid Bersejarah di Ukraina

Ukraina pernah memiliki 1.500 masjid.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Sultan Suleiman di Kota Mariupol Ukraina. Menelusuri Jejak Islam Lewat Tujuh Masjid Bersejarah di Ukraina
Foto:

Dilansir di Middle East Eye, 15 Maret 2022, berikut ini beberapa rumah ibadah Muslim di Ukraina yang masih berdiri.

Tujuh masjid bersejarah di Ukraina

1. Masjid Han Ozbek, Staryi Krym

Dibangun pada 1314, di masa pemerintahan pemimpin Mongol Uzbeg Han. Masjid Ozbek Han mungkin merupakan masjid tertua di Eropa Timur.

Pembangunan masjid inibertepatan dengan konversi massal orang-orang Mongol di seluruh Eropa Timur dan Timur Tengah ke Islam. Masjid Han Ozbek terkenal karena madrasahnya yang dibangun di dinding selatan masjid.

Sekolah agama ini dibangun 18 tahun setelah struktur aslinya. Setelah runtuh selama pemerintahan Soviet, pekerjaan restorasi dimulai pada 2017 dengan ubin baru di atapnya, mimbar yang dipugar, dan tulisan Arab baru.

2. Masjid Juma Jami, Yevpatoriya

Masjid Juma Jami dibangun pada pertengahan abad ke-15 oleh pemimpin Krimea dan sekutu Ottoman Devlet Giray I. Arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh kekaisaran Ottoman. 

Untuk membangun Juma Jami, Giray menyewa arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan, yang membangun Masjid Suleymaniye di Istanbul, serta Jembatan Mostar di Bosnia. Struktur multi-kubah, yang merupakan satu-satunya dari jenisnya di Krimea, selesai pada 1564. Sebanyak 16 jendela di dasar kubah utama memungkinkan cahaya membanjiri aula dan cahaya juga menyaring melalui dua tingkat jendela di sepanjang dinding.

Bangunan ini telah berulang kali dipugar, termasuk restorasi besar terakhirnya selama pemerintahan Soviet pada 1970. Penguasa Komunis Ukraina telah mengubah masjid menjadi museum dan hanya kembali ke fungsi keagamaannya setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1990. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement