Jumat 18 Mar 2022 15:58 WIB

Nabi Muhammad Menghantamkan Tiga Surat dalam Satu Rakaat

Tiga surat dikhatamkan Nabi Muhammad dalam satu surat.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Nabi Muhammad Menghantamkan Tiga Surat dalam Satu Rakaat. Foto:  Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Nabi Muhammad Menghantamkan Tiga Surat dalam Satu Rakaat. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nabi Muhammad SAW memiliki kecintaan terhadap shalat wajib dan sunnah nafilah. Syekh Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi Rah menceritakan begitu cintanya baginda Rasulullah terhadap sholat beliau menghatamkan tiga surah yang panjang dalam satu rakaat.

Dari Hudzaifah bin Yaman bahwasanya pada suatu malam, ia lewat di dekat Nabi yang sedang mengerjakan shalat di Masjid Nabawi di Madinah. Hudzaifah berkata: Kemudian aku mengerjakan shalat di belakang beliau (menjadi makmum). 

Baca Juga

"Aku rasa beliau tidak mengetahui keberadaanku," kata Hudzaifah seperti dikutip dari Kitab Muntakhab Ahadist bab Shalat Sunah dan Nafilah.

"Beliau mulai membaca Surat Al-Baqarah. Aku pun berkata (dalam hati), “Jika sampai ratus ayat, mungkin beliau akan rukuk.” Ternyata setelah sampai seratus ayat, mungkin beliau tidak rukuk. Aku berkata, "Jika sampai dua ratus ayat, mungkin beliau akan rukuk."

Ternyata setelah sampai dua ratus ayat, beliau tidak rukuk. Aku pun berkata, “Jika telah mengkhatamkan surat Al-Baqarah, mungkin beliau akan rukuk.” Ternyata setelah mengkhatamkan surat Al-Baqarah, beliau tidak juga rukuk. Setelah khatam surat Al-Baqarah, beliau mengucapkan dengan jumlah ganjil:

"Ya Allah! Segala puji bagi-Mu. Ya Allah! Segala puji bagi-Mu."

Kemudian beliau mulai membaca surat Ali 'Imran. Aku berkata dalam hati, “Jika telah mengkhatamkan surat Ali 'Imran, mungkin beliau akan rukuk.” Ternyata setelah mengkhatamkannya, beliau tidak rukuk. Lalu beliau mengucapkan:

"Allahumma lakal hamd, sebanyak tiga kali, lalu mulai membaca surat Al-Ma'idah. Aku berkata dalam hati, “Jika telah mengkhatamkan Al-Ma'idah, mungkin beliau akan rukuk.”

Setelah mengkhatamkannya, beliau pun rukuk. Lalu aku mendengar beliau mengucapkan:

"Mahasuci Tuhanku Yang Mahaagung".

Lalu beliau menggerak-gerakkan bibirnya sehingga aku mengetahui bahwa beliau juga membaca bacaan yang lain. Kemudian beliau sujud. Aku mendengar beliau mengucapkan:

"Mahasuci Tuhanku Yang Maha Tinggi"

Lalu beliau menggerak-gerakkan bibirnya sehingga aku mengetahui bahwa beliau juga membaca bacaan yang lain. Hanya itu yang dapat aku pahami. Kemudian beliau mulai membaca surat Al-An'am (saat berdiri). Aku pun meninggalkan beliau (dengan mengakhiri shalatku) dan pergi. (Hr.Abdur Razzaq dalam Mushannaf-nya,jil.2,hal.147).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement