Kamis 10 Mar 2022 20:11 WIB

Sudah Berusia 44 Tahun, Gianluigi Buffon Belum Pikirkan Pensiun

Buffon tidak menargetkan kembali memperkuat Italia untuk Piala Dunia 2022.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Kiper Parma Gianluigi Buffon
Foto: EPA/UEFA Handout
Kiper Parma Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA -- Gianluigi Buffon mengaku tidak yakin kapan akan pensiun setelah menandatangani kontrak baru dengan Parma. Namun ia tidak menargetkan bisa kembali ke tim nasional Italia untuk Piala Dunia 2022. 

Kiper berusia 44 tahun itu belum menunjukan tanda-tanda untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola. Sebab ia menandatangani kontrak baru yang akan membuat bertahan di Stadion Ennio Tardini sampai Juni 2024. 

Baca Juga

"Saya tidak tahu (kapan pensiun). Ini tidak seperti deadline atau tanggal yang pasti bagi saya. Sepanjang saya memiliki performa seperti ini, merasa baik-baik saja dan memiliki antusiasme, saya akan tetap bertanding," kata Buffon, dikutip dari Football Italia, Kamis (10/3/2022).

Buffon menegaskan, akan memikirkan pensiun jika salah satu elemen yang disebutkannya di atas hilang. Namun ia tidak mau pensiun dengan meninggalkan masalah. 

Buffon saat ini tampil cukup baik bersama Parma di Serie B. Tidak ada persaingan di posisi kiper yang membuat posisinya aman.

Namun hal tersebut dianggapnya belum cukup untuk bisa kembali masuk tim nasional. Mantan kiper Juventus itu juga mengaku tidak akan mengajukan diri, karena belum menjadi bagian dari Italia selama empat tahun. Menurutnya, pelatih Roberto Mancini juga membuat evaluasi yang tepat dan harus dihormati. "Dia telah melakukan hal-hal hebat untuk Azzurri. Jadi dia dan pekerjaannya harus dihormati," ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement