Rabu 09 Mar 2022 01:40 WIB

Rusia dalam Catatan Sejarawan Muslim Ibnu Fadlan

Ahmed bin Fadlan adalah penulis sejarah Arab yang lahir pada akhir abad ke-9.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim berdoa di luar masjid ketika mereka merayakan Idul Adha, yang oleh umat Islam di Rusia disebut Kurban-Bairam di St.Petersburg, Rusia, Jumat pagi, 31 Juli 2020. Liburan Muslim utama, pada akhir haji haji ke Mekah , diamati di seluruh dunia oleh orang percaya dan memperingati janji Abraham untuk mengorbankan putranya sebagai tindakan kepatuhan kepada Allah.
Foto:

Wanita yang menjadi sukarelawan pertama-tama dirawat oleh sesama budak, mengenakan pakaian bagus dan perhiasan, dicuci secara simbolis, dan menghabiskan hari-hari sampai pada pemakaman dengan minum dan bernyanyi.

Pada hari pemakaman, jenazah tuannya dibaringkan di atas perahu yang berlabuh di tepi sungai bersama dengan sesaji, seperti minuman beralkohol, buah-buahan, dan rempah-rempah, serta sapi, anjing, kuda, dan ayam yang dikorbankan.

Menjelang pengorbanan, anggota rombongan mendiang tuannya secara bergiliran memperkosa wanita itu, sebagai penghormatan kepada teman yang telah meninggal. Sebelum tindakan brutal terakhir, wanita itu dilucuti perhiasannya, disuruh minum cairan beralkohol, dan mengucapkan selamat tinggal kepada para penonton. 

Enam pria dan seorang wanita tua, yang disebut Ibnu Fadlan sebagai "Malaikat Maut", kemudian memasuki paviliun perahu tempat wanita budak itu dibaringkan di samping tuannya. Dua pria memegangi kakinya dan dua lainnya menahan tangannya. Wanita tua memasangkan tali di leher wanita yang lebih muda.

Peserta pemakaman di luar perahu menggedor perisai mereka untuk meredam tangisan budak saat dia dibunuh oleh pencekikan dan penusukan. Setelah pengorbanan, perahu dibakar dan dilalap api yang dibantu oleh angin yang ganas dan menakutkan.

Rus yang bertemu Ibn Fadlan tampaknya telah menunjukkan tingkat keramahan kepada pengunjung Arab mereka dan kemungkinan niat baik seperti itu akan meluas ke pengunjung lain, seperti pedagang, dari selatan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement