Senin 07 Mar 2022 11:16 WIB

Alasan Islam Melarang Alkohol Meski Sedikit

Allah peduli kepada hamba-Nya agar tidak merusak tubuh mereka.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi orang minum alkohol. Alasan Islam Melarang Alkohol Meski Sedikit
Foto:

“Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati sholat ketika kamu dalam keadaan mabuk sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan…” (Quran surat An-Nisa ayat 43)

Lalu, pada tahap selanjutnya, Nabi Muhammad menjelaskan memang benar ada manfaat di dalam khamar atau alkohol. Tetapi manfaatnya jauh lebih kecil dibandingkan keburukannya. 

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang alkohol dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa besar, dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosanya jauh lebih besar daripada manfaatnya.” (Surat Al Baqarah ayat 219).

Setelah ayat ini muncul, banyak Muslim mulai berhenti mengonsumsi alkohol dan menganggap mabuk merupakan sesuatu yang memalukan. Muslim kemudian mulai saling membantu dalam berhenti minum alkohol, mendukung dan mendorong mereka yang merasa sulit berhenti.

Hingga akhirnya, Allah menurunkan sebuah ayat di Madinah yang benar-benar melarang meminum alkohol. “Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, berkorban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan Setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu, agar kamu beruntung. Dengan menuman keras dan judi, Setan bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan sholat. Maka tidakkah kamu mau berhenti?” (Al Maidah ayat 90-91)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement